Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Bela Negara Di SMK Sore Tulungagung

Authors

  • Khusnaini Khusnaini Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Budiono Budiono Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i1.12042

Abstract

Abstract: The Strengthening of National Defense Character Education Policy that has been implemented at the Vocational High School Sore Tulungagung in 2014/2015 is a new character education development policy. The policy must be analyzed to give other schools a clear picture of the effectiveness of character education. Therefore the researcher intends, to find out the implementation suitability and evaluate the effectiveness of the policy of strengthening the character education of the National Defense Vocational High School Sore Tulungagung. Through qualitative research methods, by triangulating research data, researchers analyze data by studying theory through the reduction of interview results. The results obtained, the planning of strengthening the character education of National Defense is not good, because of the lack of reference laws that are used, indicators of achievement of the basic values of the character of defending the country. In the implementation of the policy declared quite good, seen activities that teach nationality insight to students, but there needs to be supervision from the implementation team. Finally, the evaluation stage of the policy is still not good, because the evaluation of character education is in the form of violations in general, not on indicators of the basic values of Defending the State.

Keywords: Policy, Character Education, National Defense

 

Abstrak: Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Bela Negarayang telah dilaksanakan di SMK Sore Tulungagung tahun 2014/2015 merupakan kebijakan pengembangan pendidikan karakter baru. Kebijakan tersebut harus dianalisis agar memberi gambaran jelas kepada sekolah lain efektifitas pendidikan karakter tersebut. Maka dari itu penelitian ini bermaksuduntuk mengetahui implementasi dan mengevaluasi efektifitas kebijakan penguatan pendidikan karakter Bela Negaradi SMK Sore Tulungagung. Melalui metode penelitian kualitatif, dengan triangulasi data-data penelitian, peneliti menganalisis data dengan kajian teori melalui reduksi hasil wawancara. Hasil penelitian yang didapatkan, perencanaan penguatan pendidikan karakter Bela Negarakurang baik, sebab minimnya acuan perundangan yang dipakai, indikator ketercapaian nilai-nilai dasar karakter bela negara. Pada implementasi kebijakan dinyatakan cukup baik, terlihat adanya kegiatan-kegiatan yang mengajarkan wawasan kebangsaan pada peserta didik, namun perlu adanya pengawasan dari tim pelaksana. Terakhir, tahap evaluasi kebijakan masih kurang baik, sebab evaluasi pendidikan karakter ini berupa pelanggaran secara umum, bukan pada indikator nilai-nilai dasar Bela Negara.

Kata kunci: Kebijakan, Pendidikan Karakter, Bela Negara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson. (1996). Public Policy Making. New York: Reinhart and wiston.

Anggara, S. (2014). Kebijakan Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). KBBI.

Harun, C. Z. (2015). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kemendikbud. (2016). Konsep dasar Penguatan Pendidikan Karakter ”Senang Belajar di Rumah Kedua. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendiknas. (2010). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Puskurbuk Balitbang Kemendiknas.

Kemenpolhukam. (2016). Pemantapan Wawasan Kebangsaaan dalam Persatuan dan Pesatuan Bangsa. Jakarta: Kemenpolhukam.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. (2016). Target Kemendikbud Dalam Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect. New York: Bantam Books.

Muhaimin, Suti’ah, & P. (2009). Manajemen Pendidikan. Jaka: Kencana Prenada Media Group.

Pemerintah Indonesia. Inpres No 7 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara. , (2018).

Rachmah, H. (2013). Nilai Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa yang Berdasarkan Pancasila dan UUN 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta.

Sahlan & Prasetyo. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) (Alfabeta, Ed.). Bandung.

Susanti, M. H. (2017). Bela Negara, Haruskah? Retrieved from https://unnes.ac.id/pakar/bela-negara-haruskah/

Triwiyanto, T. (2013). Pemetaan mutu manajemen berbasis sekolah melalui audit manajemen pendidikan. Manajemen Pendidikan.

Usman, H. (2003). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

UU No 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Winarno, B. (2014). Kebijakan Publik Teori,Prosesdan Studi Kasus (II). Yogyakarta: CAPS.

Published

2020-05-04

How to Cite

Khusnaini, K., & Budiono, B. (2020). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Bela Negara Di SMK Sore Tulungagung. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i1.12042

Issue

Section

Artikel