Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Pondok Pesantren Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Menengah Di SMA Nurul Jadid

Authors

  • Farhan Muhtadi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Frida Kusumastuti Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i1.12043

Abstract

Abstract: In facing the challenges of an increasingly liberal era, many Islamic boarding schools form public schools by applying them together to give birth to generations who master the science of religion and knowledge in general. In its implementation, of course, it takes a figure who has reliable leadership in both fields. This research aims to describe and analyze (1) the leadership style of Senior High School Nurul Jadid principals in the implementation of education in school; (2) the leadership style of Senior High School Nurul Jadid Principal at the school policy retrieval process; (3) the typical leadership style of Senior High School Nurul Jadid principals. The approach of this research is qualitative descriptive. Data collection was done through structured interviews, observations, and documentation. Data analysis techniques use the Miles and Huberman model, namely: data reduction, data presentation, and verification/conclusion. The results showed that 1) the leadership style of principals in organizing education which included inputs, processes, and outputs of schools in Nurul Jadid High School was using delegating leadership style, this leadership style was used because principals considered the maturity level of subordinates to be good and ready to carry out tasks. 2)While the policy retrieval process, the principal of Senior High School Nurul Jadid uses a democratic leadership style, because when making policies in schools there was still an element of coordination between superiors and subordinates, subordinates were still allowed to make decisions based on suggestions and criticism. Both of leadership styles that are jointly run by the principal have elements of the pesantren's distinctive leadership style, which are dedicated, serving leadership and a high sense of kinship by applying Nurul Jadid's rules and Islamic values, namely trilogy santri, and panca awareness santri.

Keywords: Leadership Style, Delegative, Democratic, Islamic Boarding School

 

Abstrak: Dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin liberal banyak pondok pesantren yang membentuk sekolah umum dengan diterapkan secara bersama demi melahirkan generasi yang menguasai ilmu agama dan pengetahuan secara umum. Dalam pelaksanaannya tentunya dibutuhkan sosok yang memiliki kepemimpinan yang handaldikedua bidang.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA Nurul Jadid(1) dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah; (2) dalam proses pengambilan kebijakan di sekolah; (3) gaya kepemimpinan khas pesantren kepala sekolah SMA Nurul Jadid. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan dilakukan dengan cara wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi/simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan yang meliputi input, proses dan output sekolah di SMA Nurul Jadid menggunakan gaya kepemimpinan delegasi, gaya kepemimpinan ini digunakan karena kepala sekolah menganggap tingkat kematangan bawahan sudah bagus dan siap untuk melaksanakan tugas.2)  pada saat proses pengambilan kebijakan, kepala sekolah SMA Nurul Jadid menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, karena pada saat membuat kebijakan-kebijakan di sekolah masih ada unsur koordinasi antara atasan dan bawahan, bawahan masih diberi kesempatan untuk mengambil keputusan atas dasar saran dan kritik yang diberikan. 3) Gaya kepemimpinan yang bersama-sama dijalankan oleh kepala sekolah tersebut terdapat unsur gaya kepemimpinan khas pesantren yaitu kepemimpinan yang bersifat mengabdi, melayani dan rasa kekeluargaan yang tinggi dengan menerapkan nilai-nilai keislaman dan kepesantrenan Nurul Jadid yaitu trilogi santri dan panca kesadaran santri.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Delegasi, Demokratis, Pesantren

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambary, Hasan, M. (2001). Menemukan Peradaban: Jejak Arkeologisdan Historis Islam Di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Anwar dan Kasful. (2010). Kepemimpinan Kiai Pesantren: Studi Terhadap Pondok Pesantren Kota Jambi. Jurnal Kontektualita, 25(2), 225–254.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bliss, W. G. (1999). Why is Corporate Important. Work force.

Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Dikmenum. (1999). Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis sekolah :Suatu Konsepsi Otonomi Sekolah. Jakarta.

Dunn, W. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hadar dan Ishom. (2004). Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniya. Jakarta: Diva Pustaka.

Hanushek. (2000). Assesing the Effect of School reseources on the Student Performance An Update. Jurnal Education an Policy Analysis.

Hermanto, S. (2016). Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).

Hidayat dan Machali. (2012). Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Kaukaba.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru.Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1).

Manullang, M. (2006). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Miles B. Mathew & Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, J. L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muchlis. (2017). Sentralisasi Managemen Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Yayasan Al MahrusiyahLirboyo Kediri. Jurnal Pendidikan Islam.

Mulyasa, E. (2007). Kurikulum tingkat satuan pendidikan: Sebuah panduan praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Reza, R. A. (2010). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT Sinar Santosa Perkasa Banjarnegara. Universitas Diponegoro.

Robbins, Steven P & Judge, T. (2008). Organizational Behavior (12th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Rohiat. (2009). Manajemen Sekolah Teori dan Praktis. Bandung: Refika Aditama.

Sagala, S. (2007). Manajemen Strategikdalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Siagian, S. (2010). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Siswanto & Hamid. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada karyawan divisi Human Resources Management Compensation and Benefits PT Freeport Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 42(1).

Siswanto, H. B. (2006). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Subhan, A. (2012). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia Abad ke-20: Pergumulan Antara Modernisasi danIdentitas. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suhendar & Ismet. (2017). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kyai, Budaya Pesantren, Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan Pesantren di Provinsi Banten. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2).

Syuhada. (2016). Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren dan Pendidikan Madrasah: Kasus Di Pondok Pesantren di Mangkoso Barru. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Tampubolon, B. D. (2007). Analisis Faktor Gaya Kepemimpinan Dan Faktor Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Organisasi yang telah Menerapkan SNI. Jurnal Standardisasi, 9(3), 106–115.

Walujan, C. Brenda., Mandey, L Sylava.,&Tumbuan, J. W. (2016). Gaya kepemimpinan, delegasi wewenang dan komunikasi terhadap kinerja karyawan (pada pt. Air manado). Jurnal EMB, 4(5).

Wibowo, B. (2008). Output Lembaga Pendidikan Dalam Perspektif Ekonomi Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Zahroh, A. (2014). Total Quality Management; Teori &Praktek Manajemen Dalam Mendongkrak Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Published

2020-05-04

How to Cite

Muhtadi, F., & Kusumastuti, F. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Pondok Pesantren Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Menengah Di SMA Nurul Jadid. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i1.12043

Issue

Section

Artikel