Evaluasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Membentuk Karakter Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Di SMPN 1 Pandaan
DOI:
https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i1.12045Abstract
Abstract: Eradication of environmental problems Indonesia has a solution in the form of adiwiyata policies that are implemented in schools. The research objective evaluates the implementation of Adiwiyata after receiving the award with Adiwiyata components including 1) environmentally sound school policies; 2) development of an environment-based curriculum; 3) participatory-based environmental activities; 4) management of environmentally friendly supporting facilities in the context of forming a caring and cultured character in Junior High School 1 Pandaan. The method used in this research is descriptive qualitative which aims to evaluate the implementation of the adiwiyata program based on the Adiwiyata program component. Data collection techniques by direct observation, interviews, and documentation. The data validity technique is obtained through source and technique triangulation. The results showed that an evaluation of the results of environmentally sound policies to form a caring attitude and environmental culture had been carried out at Junior High School 1 Pandaan. Evaluation of the results of the implementation of an environment-based curriculum in shaping culture and caring for the environment is only carried out 60% of teachers in integrated learning and has an impact on the application of students' environmental knowledge. Evaluation of the results of participatory-based environmental activities in shaping cultural character and caring for the environment has been carried out but has decreased in cooperation with outsiders and its role as resource persons An evaluation of the results of the management of environmentally friendly supporting facilities in the formation of a caring and cultured character of the environment has been carried out but needs to be further improved in the improvement and management of infrastructure.
Keywords: Evaluation, Self Adiwiyata, Character
Abstrak: Pengentasan soal masalah lingkungan Negara Indonesia memiliki solusi berupa kebijakan adiwiyata yang diberlakukan di sekolah. Tujuan penelitian mengevaluasi pelaksanaan Adiwiyata pasca diterimanya penghargaan tersebut dengan komponen Adiwiyata meliputi: 1) kebijakan sekolah berwawasan lingkungan; 2) pengembangan kurikulum berbasis lingkungan; 3) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif; 4) pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan dalam rangka membentuk karakter peduli dan berbudaya lingkungan di SMPN 1 Pandaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program adiwiyata berdasarkan komponen program Adiwiyata. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi hasil kebijakan berwawasan lingkungan untuk membentuk sikap peduli dan budaya lingkungan telah dilaksanakan di SMPN 1 Pandaan. Evaluasi hasil pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan dalam membentuk budaya dan peduli lingkungan hanya dilaksanakan 60% guru dalam pembelajaran terintegrasi dan berdampak pada penerapan pengetahuan lingkungan siswa. Evaluasi hasil kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dalam membentuk karakter budaya dan peduli lingkungan telah dilaksanakan namun mengalami penurunan dalam kerja sama dengan pihak luar dan perannya menjadi nara sumber. Evaluasi hasil pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan dalam pembentukan karakter peduli dan berbudaya lingkungan telah dilaksanakan namun perlu ditingkatkan lagi dalam peningkatan dan pengelolaan sarana prasaran.
Kata kunci: Evaluasi, Adiwiyata Mandiri, KarakterDownloads
References
Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Pembelajaran Ips di Sekolah Dasar Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. JurnalPedagogia, 2(1), 98–110.
Anwari, A. M. (2014). Srategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Ta’dib, 10(2).
Aprilia, N. (2016). Evaluasi Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif pada Program Adiwiyata di SMP Muhamadiyah Yogyakarta. Prosiding Nasional II. Universitas Muhamadiyah Malang.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Budiharjo. (2015). Pendidikan karakter Bangsa. Yogyakarta: Samudra Biru.
Chapman, A. M. (2011). Implementing character Education into school Curiiculum. ESSAI, 9.
D. Mudjianto. (2016). Implementasi Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup Di SMKN 1 Purwosari. Universitas Muhammadiyah Malang.
Dasrita, Saam, Amin, & S. (2015). Kesadaran Lingkungan Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 61–64.
Elsa, F. (2014). Penerapan Karakter Peduli Lingkungan melalui metode Inkuiri terhadap Sikap dan Perilaku Siswa pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMPN 6 Banda Aceh. Jurnal Biotik, 2(1).
Fajarisma, A. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1).
Handayani, dkk. (2015). Pembudayaan Nilai Kebangsaan Siwa pada Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Adiwiyata Mandiri. Jurnal Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 95–105.
Hidayati dan Sundari. (2014). Integrasi karakter peduli Lingkungan hidup dalam pembelajaran akidah akhlak di MIN Jejeran. Alhidayah, 6(1).
Indriyani, S. (2015). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Pada PT. Pardise Island Furniture. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/29859/1/SafitriIndriyani_10408144039.pdf.
Iswari dan Utomo. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa. Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35–41.
Jayawardana, H. B. A. (2016). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Dini Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Ekologis. Smposium Biologi Education. Yogyakarta: Pendidikan Biologi UAD.
Juriah, dkk. (2014). Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Keanekaragaman Spermatophyta. Jurnal Biologi Edukasi, 6(2).
Kasmanto, dkk. (2017). Kebijakan Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Adiwiyata. Jurnal Administrasi Publik, 3(12).
Landriany, E. (2014). Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan.
Lawrence, A. S. A. (2012). School Environment and Academic Achievement ot Standard IX Student. Journal of Educational and Instructional Studies, 2(3).
Lestari, S. (2014). Pelaksanaan manajemen sekolah berbasis lingkubgan di SD Nur Kudus.
Lickona. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.
Maryani, I. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata ditinjau dari Aspek Kegiatan Partisipatif di SD Unggaran I Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 1(3), 229–335.
Menteri Lingkungan Hidup. Permen Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. , (2013).
Moleong, J. L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyana, R. (2009). Penanaman etika lingkungan melalui sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Jurnal Tabularasa, 6(2).
Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran dalam Pendidikan Lingkungan Hidup pada Siswa Sekolah Dasar ( Studi pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110–126.
Noviansyah dan Suwanda. (2015). Peran Serta Warga Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Peduli dan berbudaya Lingkungan di SMP 2 Babat Lamongan. Kajian Moran Dan Kewarganegaraan, 1(3).
Presiden Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Sekretariat Negara. , (2009).
Putri, R. C. (2014). Pengelolaan Sarana Prasarana Berbasis Adiwiyata di SMAN I Gresik. Jurnal Ispirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 1–8.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sukaningtyas, D. (2017). Pengembangan Kapasitas Manajeen Sekolah dalam Membangun Pemahaman Visi dan Misi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(2).
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
It is a condition of publication that authors assign copright or license the publication rights in their articles to journal of Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Authors are themselves responsible for obtaining permission to reproduce copyright material from other source
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.