Analisis Program Pola Asuh Dan Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i2.12054Abstract
Abstract: Parenting practices by parents and teachers in schools play an important role in the development of a child. This study aims to describe 1) the application of parenting to students in elementary school Muhammadiyah 4 Malang, 2) The formation of students' character developed in elementary school Muhammadiyah 4 Malang. In this study, researchers used a descriptive method with a qualitative approach. The research data were obtained from primary sources, namely parents, student representatives, curriculum representatives, class teachers, and students. While secondary data sources are obtained from documents obtained from the homeroom teacher. The results of this study stated that 1) the application of the school program on parenting was done through the eighteen twenty programs and the parenting program which was conducted once a semester as well as attendance in the implementation of these activities not all parents were present. 2) the formation of most of the character of students through habituation that is carried out in daily activities. The involvement of educators and education personnel in efforts to inculcate character or to strengthen character is continuously pursued to realize the independent character and care for the environment of students.
Keywords: School Programs, Parenting, Character, Students
Abstrak: Pola asuh yang dilakukan oleh orang tua dan guru di sekolah berperan penting terhadap perkembangan seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan1) penerapan pola asuh orang tua terhadap peserta didik di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang, 2) Pembentukan karakter peserta didik yang dikembangkan di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari sumber-sumber primer yaitu orang tua, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru kelas dan peserta didik. Sedangkan sumber data skunder diperoleh dari dokumen yang diperoleh dari wali kelas. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) penerapan program sekolah tentang pola asuh dilakukan melalui melalui program delapan belas dua puluh dan program parenting yang dilakukan setiap satu semester sekali juga kehadiran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tidak semua orangtua hadir.2) pembentukan karakter peserta didik sebagaian besar melalui pembiasaan-pembiasaan yang dilaksanakan dalam aktifitas sehari-hari.Keterlibatan pendidik dan tenaga kependidikan dalam upaya penanaman budi pekerti atau penguatan karakter terus menerus diupayakan dalam rangka mewujudkan karakter mandiri dan peduli lingkungan hidup peserta didik.
Kata kunci: Program Sekolah, Pola Asuh, Karakter, Peserta DidikDownloads
References
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.
Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. Jurnal Pedidikan.
Baswedan, A. (2016). Menjadi Orang Tua Hebat. Jakarta: Kemendikbud.
Chatib, M. (2013). Gurunya manusia: Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Creswell, J. W. (2008). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi III.
Fathi, B. (2011). Mendidik anak dengan Alquran sejak janin. Bandung: Grasindo.
Harmaini dkk. (2016). Psikologi Kelompok Integrasi Psikologi dan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Hidayat, D. R. (2009). Pengantar Psikologi untuk Tenaga Kesehatan: Ilmu Perilaku Manusia. Jakarta: CV Trans Info Media.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). , (2018).
Nuh, M. (2013). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Rahmandani, F., Tinus, A., & Ibrahim, M. M. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smartphone) Terhadap Kepribadian Dan Karakter (Kekar) Peserta Didik Di Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesai Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Samani, Muchlas, dan H. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samani, Muchlas, H. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saptomo. (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.
Sari, Denti Novia., D. (2016). Komunikasi Bimbingan Orang Tua Pada Anak Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Profesional, 3(1), 58–70.
Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241
Shochib, M. (2003). Pola Asuh Orang Tua Untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Reneka Cipta.
Sukiman dkk. (2016). Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga dengan Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Syarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Waridha, I. R., Sihombing, R. M., & Aziz, H. A. (2017). Kajian jurnal bergambar sebagai media komunikasi anak kepada orang dewasa di sekitarnya. Jurnal Sosioteknologi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
It is a condition of publication that authors assign copright or license the publication rights in their articles to journal of Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Authors are themselves responsible for obtaining permission to reproduce copyright material from other source
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.