Implementasi Budaya Sekolah Bernuansa Islami Dalam Pendidikan Karakter Di MIN I Malang

Authors

  • Mahda Chaira Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Agus Tinus Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v8i1.12059

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to find out the implementation of Islamic culture in MIN I Malang, the Islamic character developed in MIN I Malang, the obstacles in implementing Islamic culture in MIN I Malang, and to describe the efforts made by school institutions to overcome these obstacles. The research method was conducted by descriptive qualitative. Data is collected using structured interviews by taking the subject of teachers, school principals, and parents of students. The results show that the implementation of Islamic culture in schools begins with the construction of a system that directs the behavior of students with Islamic character through the habituation of Islamic behavior. Then supported by the implementation of the Koran, Kultum, and memorization of the Qur'an in the first fifteen minutes before school hours every day. Duha prayer, Dhuhr prayer, Friday prayer, and princess in school. The obstacle to developing Islamic culture in schools is the habit of parents who are sometimes not in line and the way to overcome them is by creating a Whatsapp group for students' parents.

Keywords: Implementation, Islamic Culture, Character Education


Abstrak: Tujuan dari penelitian untuk mengetahui implementasi budaya Islami di MIN I Malang, karakter Islami yang dikembangkan di MIN I Malang, kendala dalam implementasi budaya Islami di MIN I Malang, dan memaparkan upaya yang dilakukan oleh lembaga sekolah untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Metode penelitian dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan wawancara terstruktur dengan mengambil subjek guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi budaya Islami di sekolah diawali dengan dibangunnya sistem yang mengarahkan perilaku siswa yang berkarakter Islami melalui pembiasaan perilaku Islami. Kemudian ditunjang dengan pelaksanaan mengaji, kultum, dan hafalan Al-Qur’an pada lima belas menit pertama sebelum jam masuk sekolah setiap harinya. Pelaksanaan shalat dhuha, shalat dhuhur, shalat jumat, dan keputrian di sekolah. Kendala dari pembasaan budaya Islami di sekolah adalah pembiasaan orang tua yang kadang tidak sejalan dan cara mengatasinya adalah dengan membuat grup Whatsapp bagi orang tua murid.

Kata kunci: Implementasi, Budaya Islami, Pendidikan Karakter



Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, & Supraptiningrum. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, V(2), 219–228.

Alifah, N. (2015). Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah di SDIT Alam Nurul Islam Sleman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 26(5), 505–518.

Anwar, Khoirul, Choeroni. (2019). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Budaya Sekolah Religius di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 2 (2), 90 - 101

Atik Maisaroh, Bambang Budi Wiyono, I. A. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302–312.

Emzir. 2010. Metodologi Peneletian Kualitataif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Isnaeni, Fil. 2018. Pembudayaan Agama dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Sleman Kota Yogyakarta. Jurnal SAP, 3 (1), 33 - 40

Jalil, A. (2012). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter Abdul Jalil Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 175–192.

Jumroatun, L., & Sobri, A. Y. (2018). Implementasi Budaya Sekolah Islami Dalam Rangka Pembinaan Karakter Siswa. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 206–212.

Khadavi, M. J. (2016). Pengembangan Budaya Religius Dalam Komunitas Sekolah. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 1(2), 148–162.

Khairudin, M. (2013). Character education through school culture development in integrated islamic school salman al farisi yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, III(1), 77–86.

Kuswandi. (2013). Pendekatan Penelotian Dalam Pendidikan Karakter Islami. Edukasi Islami, 2(3), 325–342.

Mala, A. R. (2015). Membangun budaya islami di sekolah. Irfani, 11(1), 1–13.

Mustopa. (2017). Budaya Sekolah Islami ( Busi ) : Studi Kasus di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 109–136.

Raharjo. 2010. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16 (3)

Rahmawati, Fitriah, Muhammad Afifulloh, Muhammad Sulistiono. (2019). Penerapan Budaya Religius dalam Meningkatkan Karakter Keagamaan Siswa di MIN 2 Kota Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1 (2), 1 -13

Raudhatinur, Maida. (2019). Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. DAYAH: Journal of Islamic Education. 2 (1), 131-150

Sukri, Trisakti Handayani, Agus Tinus. 2016. Analisis Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Civic Hukum, 1 (1), 33 - 41

Setiawati, & Ayu, N. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa, 1(1), 348–352.

Sugiyono, P. (2018). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto. (2018). Strategi Menciptakan Budaya Religius di Sekolah. Jurnal Tawadu 2 (1), 469 - 489

Suyitno. (2018). Strategi Pembentukan Budaya Religius untuk Meningkatkan Karakter Islami di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. EDUKASI: Jurnal Pendidikan, 10 (2), 191 - 204

Supiana, & Sugiharto, R. (2017). Pembentukan Nilai-nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 01(01), 89–109.

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-TEACH: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(3), 132–142.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yudha, P. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 55–67.

Zulhijrah. (2013). Implementasi pendidikan karakter di sekolah. Tadrib, 1(1), 1–19.

Published

2020-05-04

How to Cite

Chaira, M., & Tinus, A. (2020). Implementasi Budaya Sekolah Bernuansa Islami Dalam Pendidikan Karakter Di MIN I Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v8i1.12059

Issue

Section

Artikel