Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Tahfizh Qur’an Tematik (TQT) Di SD Aisyiyah Kota Malang

Authors

  • Diaken Noor Imansar Muhammadiyah Malang University
  • Ichsan Anshory Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v8i1.12062

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine (1) the implementation of Thematic Qur'anic learning in SD Aisyiyah Malang, (2) the character of students who emerged through this program. This research is a qualitative descriptive study. The subjects of this study were the vice-principal and the Tahfiz teacher. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. The results showed that the implementation of thematic tahfizh Qur'an learning at SD Aisyiyah Malang consisted of four stages, namely the verse selection stage, the film screening stage, the memorization stage, and the evaluation stage. Through the thematic tahfizh Qur'an program implemented in SD Aisyiyah Malang, four characters appear in children, namely the value of religious characters, including the value of pious faith and tolerance; the value of character integrity, shown in honesty, example, politeness, love for truth; independent character values, including hard work, discipline, courage, and learners; and the character values of cooperation, including cooperation, solidarity, and mutual assistance.

Keywords: Character Building, Learning, Thematic Qur'anic Tahfizh

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahi (1) implementasi pembelajaran tahfizh Qur’an Tematik di SD Aisyiyah Kota Malang, (2) karakter siswa yang muncul melalui program ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah dan guru tahfizh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tahfizh Qur’an tematik di SD Aisyiyah Kota Malang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pemilihan ayat, tahap pemutaran film, tahap menghafal, dan tahap evaluasi. Melalui program tahfizh Qur’an tematik yang dilaksanakan di SD Aisyiyah Kota Malang, tampak empat karakter yang muncul pada anak, yaitu nilai karakter religius, termasuk di dalamnya nilai beriman bertaqwa, dan toleransi; nilai karakter integritas, tampak pada kejujuran, keteladanan, kesantunan, cinta pada kebenaran; nilai karakter mandiri, termasuk pada kerja keras, disiplin, berani, dan pembelajar; dan nilai karakter gotong royong, termasuk di dalamnya kerja sama, solidaritas, dan saling menolong.

Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Pembelajaran, Tahfizh Qur’an

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, Vol. 13, 25–38. https://doi.org/1412-0534

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, J. A. (2017). Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.

Azzakiyah, L. F. (2016). Modul Tahfizh Qur’an Tematik (Jilid 2). Malang: Rumah Inspirasi Malang.

Basthul, B. (2008). Al-Quran Hidangan Segar. Kediri: Pon.Pes Lirboyo.

Bulach, C. R. (2010). Implementing A Character Education Curriculum And Assessing Its Impact on Student Behavior. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 3(April), 2010.

Chau-Kiu, C. (2010). Improving Social Competence Through Character Education. Evaluation and Program Planning Journal, 33(August), 255–263.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Fathul Muin. (2011). Pendidikan Karakter : Konstruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz.

Hakim, R. (2014). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 2, 123–136.

Hidayatullah, A. A. dan. (2016). Metode Tahfidz Al-Quran Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Usluhuddin, 24(1), 91–102.

Indriyanto, B. (2012). Dimensi Pembangunan Karakter Dan Strategi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 18, 21–33.

Istifany, P. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Karakter Kebangsaan Di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(April), 84–94.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Volume 16(Oktober), 280–289.

Kemdikbud. (2019). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lickona, T. (2012). Character Matters. Jakarta: Bumi Aksara.

Manullang, B. (2013). Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol.1, 1–14.

Milson, A. J. (2015). Creating A Curriculum For Character Development: A Case Study. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, (October), 89–93.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2013). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. In Jakarta : Bumi Aksara.

Nafi’ah, R. (2018). Efektivitas Program Tahfidz Al-Quran Dalam Memperkuat Karakter Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Lasem.

Nawabuddin, ‘Abd al-Rabbi. (1992). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an (1st ed.; A. E. Koswara, Ed.). Jakarta: CV. Tri Daya Inti.

Ngalim, P. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prasetya, B. (2014). Pengembangan Budaya Religius di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140

Rahmandani, F., Tinus, A., & Ibrahim, M. M. (2018). Analisis dampak penggunaan gadget (smartphone) terhadap kepribadian dan karakter (kekar) peserta didik di SMA Negeri 9 malang. Jurnal Civic Hukum. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 08, 28–37.

Rauf, A. (2009). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah (7th ed.). Bandung: PT Syamil Cipta Media.

Sa’dullah. (2008). Cara Praktis Menghafal Al Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Saldana, H. and. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi (3rd ed.). Jakarta: UI-Press.

Sanusi, U. (2012). Pendidikan Kemandirian Di Pondok Pesantren (Studi Mengenai Realitas Kemandirian Santri di Pondok Pesantren al-Istiqlal Cianjur dan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 10(2), 123–139.

Satori, Djam’an dan Komariah, A. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 53–63.

Shihab, Q. (2008). Sejarah dan Ulum Al-Qur‟an. Jakarta: Pusataka Firdaus.

Sisdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia No.20. , (2003).

Siti, K. (2011). Model Pendidikan Nilai Moral Bagi Para Remaja Menurut Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 9(1), 45–54.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, Nomor 1 (Oktober), 47–58.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 1–13.

Syarbini, A. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter (Jakarta, Ed.). As@-prima pustaka.

Tinus, A. (2019). The Role of Maju School Principals in Curriculum Development to Realize an Excellent and Independent School. Advance in Social Science, Education and Humanities Research, 349, 620–622. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Wening, S. (2012). The Nation’s Character Building Through Value Education. Jurnal Pendidikan Karakter, Nomor 1(Februari), 55–66.

Yunarti, Y. (2014). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Jurnal Tarbawiyah, 11, 262–278.

Yunus, M. (1990). Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zulfitria. (2016). Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 35–55. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Zulfitria. (2017). Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 2, 124–134.

Published

2020-05-04

How to Cite

Imansar, D. N., & Anshory, I. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Tahfizh Qur’an Tematik (TQT) Di SD Aisyiyah Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v8i1.12062

Issue

Section

Artikel