Pola Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di SMP Negeri 5 Malang

Authors

  • Syaiful Rahman Muhammadiyah Malang University
  • Akhsanul In'am Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v8i1.12063

Abstract

Abstract: The students 'reading ability is low, it certainly affects the students' writing ability. Implementation of the School Literacy Movement is a solution to students' low reading ability. This study aims to describe the pattern of Implementation of School Literacy Movement that took place in SMP Negeri 5 Malang. This study uses a qualitative approach with a descriptive type that describes the School Literacy Movement in SMP Negeri 5 Malang. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The results showed that the pattern of implementation of school literacy measures in SMP Negeri 5 Malang included: 1) The habituation phase was carried out by way of students bringing reading books from home or borrowing books to the library. At this stage a class reading corner was prepared, reading 15 minutes before learning began, and a literacy journal; 2) The Development and Learning Phase increases the school resources especially at the State Junior High School 5 Malang, namely the existence of a reading corner in each class, an increase in the number of books, a 30-minute reading club, and a product of the School Literacy Movement.

Keywords: School Literacy Movement, Habituation Phase, Development Phase, Learning

Abstrak: Kemampuan membaca peserta didik tergolong rendah pasti berpengaruh terhadap kemampuan menulis peserta didik. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah menjadi solusi atas kemampuan membaca siswa yang rendah.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola Implementasi Gerakan Literasi Sekolah yang berlangsung di SMP Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang mendeksripsikan Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 5 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola implementasi geakan literasi sekolah di SMP Negeri 5 Malang meliputi: 1) Tahap Pembiasaan dilaksanakan dengan cara peserta didik membawa buku bacaan dari rumah atau meminjam buku ke perpustakaan. Pada tahap ini sudah disiapkan pojok baca kelas, membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, dan jurnal literas; 2) Tahap Pengembangan dan Pembelajaran meningkatkan sumber daya sekolah khusnya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Malang yaitu adanya pojok baca di masing-masing kelas, penambahan jumlah buku, adanya club baca 30 menit, dan hasil produk Gerakan Literasi Sekolah.

Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pembiasaan, Tahap Pengembangan,  Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarikh, A. (2017). Menumbuhkan budaya literasi di kalangan pelajar. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, 959–967.

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Dari Pucuk Hingga Akar. Jakarta.

Azis, A., Sekolah, K., Muhammadiyah, M. I., & Tengah, J. (2018). Melalui Perpustakaan Di Mim Gandatapa Banyumas ( Design Implementation of School Literature Movements Through Library in Mim Gandatapa Banyumas ). 2(1), 43–59.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965

Daromi, M. H. (2019). Program Peningkatan Keterampilan Literasi Pada Sekolah Unggul Di SD Muhammadiyah 09 Malang. Tesis. Universitas Muhammadiyah Malang.Press.

Di, S., Negeri, S. M. P., & Binjai, D. A. N. (2017). No Title. 1(2), 58–66.

Fajar, L. (2019). Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah SMA Wahidiyah Kediri Tahun Pelajaran 2018 / 2019. 3(1), 1–7.

Haryanto, H. S. (2017). Implementation Of School Literacy Movement Program To Grow student’s Reading Interest In SMP N 2 Pleret Bantul. V(November), 68–82.

Ismanto, B., Pendidikan, M. M., Tagela, U., Konseling, B., & Pendidikan, M. M. (2017). Kinerja pendidikan dasar dalam implementasi program pendidikan untuk semua. 1–11.

Kurniawan, K. I., & Sriasih. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah ( Gls ) Di Sma Negeri 1 Singaraja. E-Journal JJurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2).

Lian, B., & Nopilda, L. (2018). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. 3(2).

Mitasari, S. (2017). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan Menulis Siswa Kelas Atas Di Sdn Gumpang 1. 1–9. https://doi.org/10.3724/SP.J.1141.2012.01075

Nindya Faradina. (2017). Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60–69.

Peddas, M. (2017). Penyiapan pendidik abad 21 melalui budaya literasi. 7, 83–90.

Pradana. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang. 6(2), 167–179.

Purwo, S. (2019). Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Kreatifitas Produktif di Sekolah Dasar. Dewantara, 3(1), 87–103. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Riandika. (2016). Upaya Pendukung Pembelajaran Literasi dengan Mengash Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Teknik Bibliolearning pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pembelajaran, 3(2), 1–18.

Saomah, A. (2018). Implikasi Teori Belajar Terhadap Pendidikan literasi. Literasi Teknologi, 1(1), 1–10.

Silvia. (2017). Model Literature Based Dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.7799

Silvia, O. W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based dalam program Gerakan Literasi Sekolah. 4(2), 160–171. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.7799

Suyono. (2016). Pembelajaran Efektifif dan Produktif Berbasis Literasi : Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. 203–217.

Teguh, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Dasar Mulyo Teguh. Pendidikan, 2(1), 18–26.

Tinus, A. (2019). The Role of Maju School Principals in Curriculum Development to Realize an Excellent and Independent School. https://doi.org/10.2991/iccd-19.2019.163

Triaryanti, H., & Hidayah, N. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH. 1(1), 35–39.

Triwiaty, R. (2017). Program Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunanetra SDLB Cimahi. Jurnal Ilmiah Pembelajaran, 18(5), 51–56.

Wahid, A. A. (2018). Gerakan literasi sekolah (gls) melalui budaya membaca dan menulis siswa kelas v sdn girimoyo 2 malang.

Wirobrajan. (2017). Evaluasi pelaksanaan gerakan literasi sekolah (gls) di sd muhammadiyah wirobrajan 3 kota yogyakarta. Evaluasi Pembelajaran, 1(1), 93–100.

Wulandari. (2019). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Implementasi Gerakan Literasi, (March).

Wulandari, I. S. (2014). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. 116–123.

Zuchdi dan Budiasih. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jpsd, 4(1), 15–29.

Published

2020-05-04

How to Cite

Rahman, S., & In’am, A. (2020). Pola Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di SMP Negeri 5 Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v8i1.12063

Issue

Section

Artikel