Implementasi Kebijakan Layanan Bimbingan Psiko-Edukatif Dalam Membantu Tugas Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar Di Kota Kediri

Authors

  • Hanti Anti Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Fauzik Lendriyono Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v8i1.12068

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the implementation of psycho-educational guidance service policies in assisting the task of developing elementary school students in the City of Kediri and to find out supporting factors, inhibiting factors, as well as the efforts implemented in overcoming obstacles in the implementation process. This research is a qualitative descriptive study of elementary schools in the city of Kediri, with data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that the implementation of the psycho-educational guidance service policy is carried out by the class teacher as an additional task given by the principal. This is supported by the class teacher who is considered able to condition the class he is in. Some constraints experienced include the absence of BK counselors/school counselors, the provision of services not well programmed by class teachers, the government does not place BK teachers in public schools and if it is self-constrained with funds, and there is no counseling room in schools. While the solution applied in placing senior teachers as high-class teachers (grades 4,5,6), collaborating with related institutions (KPAI, BNN, Police), and school principals also directly involved in helping class teachers in helping solve problems learners.

Keywords: 
Policy, Psycho-Educational Guidance Services, Development Tasks


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan layanan bimbingan psiko-edukatif dalam membantu tugas perkembangan peserta didik SD di Kota Kediri dan untuk mengetahui faktor pendukung, faktor penghambat, serta upaya yang diterapkan dalam mengatasi hambatan dalam proses implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif sekolah dasar di kota Kediri, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan layanan bimbingan psiko-edukatif dilaksanakan oleh guru kelas sebagai tugas tambahan yang diberikan oleh kepala sekolah. Hal tersebut didukung dengan guru kelas yang dinilai mampu mengondisikan kelas yang diampunya. Beberapa kendala yang dialami antara lain tidak adanya tenaga guru BK/konselor sekolah, pemberian layanan tidak terprogram dengan baik oleh guru kelas, pemerintah tidak menempatkan guru BK pada sekolah negeri dan bila mengadakan sendiri terkendala dengan dana, dan tidak adanya ruang konseling di sekolah. Sedangkan solusi yang diterapkan yaitu menempatkan guru senior sebagai guru kelas tinggi (kelas 4,5,6), mengadakan kerja sama dengan instansi yang terkait (KPAI, BNN, Kepolisian), dan kepala sekolah juga ikut terjun langsung membantu guru kelas dalam membantu menyelesaikan permasalahn peserta didik.

Kata Kunci: Kebijakan, Layanan Bimbingan Psiko-Edukatif, Tugas Perlembangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2018). Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 34–48. https://doi.org/10.24090/insania.v11i1.95

All Habsy, B. (2017). Filosofi Keilmuan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan, 02, 1–7.

Apriastuti, dwi anita. (2013). Analisis Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 48 – 60 Bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4(1), 1–14.

Ardimen. (2018). Visi Baru Konselor Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22–29.

Arifin, L. (2013). Upaya Konselor Dalam Membimbing Belajar Siswa Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 201–218.

Aroma, I. S., & Surminar, D. R. (2012). Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Perkembangan, 01(02), 1–6.

Atamimi, N. (2015). Ketrampilan Psikologi Model Bimbingan Konseling “Proaktif” untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Cakrawala Pendidikan, 3(2), 421–432.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 3 nomor 4, 447–452.

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan dan koseling komprehensif: dari paradigma menuju aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 93–106.

Budiarsih, A., & Zen, E. (2017). Studi Kasus Konsep Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 112–117. https://doi.org/10.17977/um001v1i32016p112

Fauziah, Y. N. (2011). Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, (2), 98–106.

Gunarsa, S. D. G. dan Y. S. (2008). Psikologi perkembangan Anak dan Remaja. In Psikologi (p. 263). PT. BPK Gunung.

Hatadi, H. (2014). Tugas Perkembangan. Jurnal PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK DAN REMAJA, 1(2), 223.

Idris, R. (2018). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 152–172. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3

Kamaluddin, H. (2018). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Kemendikbud. (2015). Panduan Pelaksanaan Bimbingan Psiko-Edukatifdi Sekolah Dasar. In Panduan Pelaksanaan Bimbingan Psiko-Edukatif di Sekolah Dasar.

Kusumaningtyas, D. I., Kumalasani, M. P., & Deviana, T. (2019). Peran Guru SD dalam Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Di SD Muhammadiyah 8 Kota Malang. Jurnal ABDINUS, 2(2), 207–214.

Lestari, I. (2015). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajaranak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.261

Luddin, A. B. M. (2010). Dasar Dasar Konseling. In Cita Pustaka Media Perintis.

Muslimin, A. A. (2016). Pendidikan Berbasis Agama Islam Sebagai Katalisator di Lingkungan Sosial. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, IV(1), 1–10. https://doi.org/10.1002/hlca.19770600336

Nugroho, R. (2008). Public Policy. Jakarta: Gramedia.

P. Prawianto, petrus ony. (2012). Pengembangan Model Program BK Berbasis Karakter di SD. Jurnal Bimbingan Konseling 1, 1(1), 6. https://doi.org/10.1023/B:MCBI.0000026047.48534.50

Rahman, F. (2010). Penyusunan Program BK di Sekolah. In Penyusunan Program BK di Sekolah (pp. 1–23).

Rahmandani, F., Tinus, A., & Ibrahim, M. M. (2018). Analisis dampak penggunaan gadget (smartphone) terhadap kepribadian dan karakter (kekar) peserta didik di SMA Negeri 9 malang. Jurnal Civic Hukum. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726

Ramadhan Witarsa, Rina Sri Mulyani, Nurhananik, N. R. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa SD. Jurnal Pedagogik, 1(1), 9–20.

Saputro, H., & Talan, Y. O. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16

Saragih, A. H. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 5(1), 23–34.

Silitonga, A. S., Sarjono, Y., Anif, S., Program, M., Magister, S., Pendidikan, M., … Muhammadiyah, U. (2014). Pengelolaan kegiatan bimbingan dan konseling untuk pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 28–39.

Solichin, M. (2015). Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Peran Birokrasi. Jurnal Studi Islam Oktober, 6(2), 1978–306. https://doi.org/1978-306X

Sumantri, M. (2012). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. In MKDK4002/MODUL 1 (pp. 1–52).

Widada. (2013). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 1(1), 65–75.

Yusuf, S. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. In PT. Remaja Rosdakarya (p. 220). Jakarta.

Published

2020-05-04

How to Cite

Anti, H., & Lendriyono, F. (2020). Implementasi Kebijakan Layanan Bimbingan Psiko-Edukatif Dalam Membantu Tugas Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar Di Kota Kediri. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v8i1.12068

Issue

Section

Artikel