Implementasi Program Fullday School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya’lu Kota Malang

Authors

  • Marfiah Astuti

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v1i2.1561

Abstract

Marfiah Astuti

Guru TK Unggulan Al-Ya’lu Malang Email: marfiah.astuti@gmail.com

Abstract:

This qualitative study aimed at investigating the implementation of Fullday School program at TK Unggulan Al-Ya’lu Malang in attempts to develop student’s social competence, its supporting and hindering factors, and the school efforts in solving the problems. The result revealed that the Fullday School program was implemented from the morning up to the evening using joyful learning methods, habitation, Akhlak Anak Soleh (The Morals of Pious Children) movie reviews, and family day. Meanwhile, even though the hindering factors often came from the students, the parents, and the lack of facilities, the fund support from the parents was considered sufficient. Indeed, the school was able to solve all the problems encountered.

Keywords: Implementation of Fullday School Program, sosial development

Abstrak:

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui implementasi program Fullday school di TK Unggulan Al-Ya’lu kota Malang berkaitan dengan upaya mendorong perkembangan sosial peserta didik; 2) faktor penghambat yang dihadapi sekolah dalam upaya mendorong perkembangan sosial peserta didik; 3) faktor pendukung dalam upaya mendorong perkembangan sosial peserta didik di TK Unggulan Al-Ya’lu kota Malang 4) solusi yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan sekolah dalam upaya mendorong perkembangan sosial peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi Program Fullday School di TK Unggulan Al-Ya’lu kota Malang Jawa Timur dilaksanakan pagi sampai sore, sekolah membuat program dalam bentuk pembiasaan maupun melalui pemutaran film Akhlak Anak Sholeh, ‘family day’ serta menerapkan pembelajaran menggunakan joyfull learning; 2) faktor penghambat masih ditemui baik dari orang tua, sarana, maupun anak didik; 3) dukungan dana orang tua cukup memadai; 4) solusi untuk menyelesaikan masalah telah dilakukan dan mampu menyelesaikan semua kendala.

Kata kunci: Implemantasi Fullday School, Perkembangan sosial

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-09-16

How to Cite

Astuti, M. (2013). Implementasi Program Fullday School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya’lu Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.22219/jkpp.v1i2.1561

Issue

Section

Journal