Implementasi Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan di SMP Negeri 3 Gresik

Authors

  • Yeni Isnaeni

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v1i2.1565

Abstract

Yeni Isnaeni

Guru SMP Negeri 3 Gresik Email: yeniisnaeni@yahoo.co.id

Abstract:

This descriptive-qualitative study revealed: 1) the implementation of policy on cultural and environmental care at SMP Negeri 3 of Gresik had been in line with the school policy in the form of decree issued by the school principal on the subjects and self development which were integrated into PLH and PBk; 2) the supporting factors in implementing the program were the supports from the whole community; 3) the positive effect was that SMP Negeri 3 was chosen as the winner of Adiwiyata school at National level in 2011, while the direct effect was the awareness of the school community to take care of the environment.

Keywords: Implementation, caring and cultured environment school

Abstrak:

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) implementasi kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan di SMP Negeri 3 Gresik sudah menunjukkan kebijakan sekolah yang tertuang dalam bentuk S.K kepala sekolah tentang mata pelajaran dan pengembangan diri yang terintegrasi dengan PLH dan PBk; 2) faktor pendukung implementasi kebijakan adalah seluruh komponen warga mendukung ; 3) SMP Negeri 3 sebagai juara sekolah Adiwiyata tingkat Nasional di tahun 2011, merupakan dampak yang sangat positif , selain itu dampak langsung adalah adanya kesadaran warga sekolah untuk menjaga lingkungan hidup dan merawatnya dengan kesadaran yang baik.

Kata kunci: Implementasi, sekolah peduli dan berbudaya lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-09-16

How to Cite

Isnaeni, Y. (2013). Implementasi Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan di SMP Negeri 3 Gresik. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.22219/jkpp.v1i2.1565

Issue

Section

Journal