Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Turats pada Mata Kuliah Bahasa Arab dan Nahwu Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik

Authors

  • Siti Amaliati

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1736

Abstract

Siti Amaliati

Guru KBIT Al Ummah

e-mail: amalia_gresik@yahoo.com

Abstract:

This research used a qualitative approach. Based on the research findings and discussion, it can be concluded 1) in the substance of Turath-based curriculum policy in Arabic and Nahwu courses in Arabic Education program in INKAFA Gresik, the components of curriculum have been based on Turath. 2) The implementation of Turath-based curriculum policy with several stages is started from rector to implementer, which is Arabic Education program. 3) The inhibiting factors in the implementation are a) students who use references beside Turath (books of Indonesian translation or other sources); b) The number of language laboratory is fewer compared to the number of the users. 4) The solution in the implementation of Turath-based policy is the establishment of the Institute for Tutoring Yellow Kitab / Turath (LABBAIK). However, the solution about the addition of language laboratory media to support Arabic language courses has been resolved.

Keywords: policy implementation, turath

Abstrak:

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) Substansi kebijakan kurikulum berbasis turats pada mata kuliah bahasa Arab dan Nahwu di Program studi Pedidikan Bahasa Arab di INKAFA Gresik bahwa komonen kurikulum berdasarkan turats 2) Implementasi kebijakan kurikulum berbasis turats dengan beberapa tahapan mulai dari rektor hingga implementator yaitu program studi PBA 3) adanya penghambat dalam implementasi a) mahasiswa yang menggunakan referensi-referensi selain turats (buku-buku terjemah bahasa Indonesia atau sumber-sumber yang lain) b) Jumlah laboratorium bahasa lebih sedikit dibandingkan dengan penggunanya 4) adanya solusi dalam implementasi kebijakan berbasis turats yaitu dengan adanya Lembaga Bimbingan Belajar kitab kuning/turats (LABBAIK) namnu, belum ditemukannya solusi tentang penambahan jumlah media laboratorium bahasa sebagai pendukung mata kuliah bahasa Arab.

Katakunci: implementasi kebijakan, turats

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-02-24

How to Cite

Amaliati, S. (2014). Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Turats pada Mata Kuliah Bahasa Arab dan Nahwu Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1736

Issue

Section

Journal