Penerapan Metode KARSAN pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Revolis Setyastuti

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2185

Abstract

Penerapan Metode KARSAN pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
di Sekolah Menengah Kejuruan

Revolis Setyastuti

Guru SMK Negeri 3 Probolinggo
Email: olissarka@gmail.com

Abstract:

The research objective was to describe the implementation of cooperative learning method by arisan card technique, students’ activity and ability in solving the problem of social science. The research was conducted at Public Vocational High School 3 Probolinggo by using descriptive qualitative and quantitative approaches. The research data were the observation of teachers’ activity, students’ activity and ability to solve students’ social science problem. The results showed that by Arisan card method, students’ activity categorized as very good by implementing the game in learning made students more interested to follow learning. The learning is quite interesting because it is connected to the real life. Students will prepare themselves maximally to have a turn, while in learning activity; teacher always gives reward in the form of strength, reward, or compliment to students

Keywords: cooperatif learning, arisan card, motivation

Abstrak:

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Cooperative Learning dengan teknik Kartu Arisan, aktivitas peserta didik dan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Probolinggo dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif bersifat deskriptif. Data penelitian berupa observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan kemampuan pemecahan masalah Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik. Data bersumber dari peserta didik X-APH 1 dan guru yang mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode Kartu Arisan Pembelajaran IPS. Aktivitas peserta didik yang tergolong sangat baik dengan adanya permainan dalam pembelajaran membuat anak lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran, Pembelajaran cukup menarik karena dihubungkan dengan kehidupan nyata. Siswa akan mempersiapkan diri secara maksimal untuk mendapar giliran, pada saat kegiatan pembelajaran, guru selalu memberikan reward dalam bentuk penguatan, pemberian hadiah, ataupun pujian kepada siswa.

Kata kunci: cooperatif learning, kartu arisan, motivasi,

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-02-23

How to Cite

Setyastuti, R. (2015). Penerapan Metode KARSAN pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2185

Issue

Section

Journal