Penggunaan Metode Pembelajaran Penilaian Antar Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 10 Probolinggo

Authors

  • Henny Purwati

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2187

Abstract

Penggunaan Metode Pembelajaran Penilaian Antar Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran IPA
di SMP Negeri 10 Probolinggo

Henny Purwati

Guru IPA Di SMP Negeri 10 Probolinggo
Email: purwatihenny@yahoo.com

Abstract:

This research objective was to know the development of students’ learning achievement in classifying human being by using inter-group assessment learning method with classification tree media. The method used descriptive qualitative method. Based on the data, students’ learning mastery increased 43.9%, from learning mastery 53.1% became 97%. These data were strengthened at second cycle, students’ learning mastery occurred 100%, and with the treatment through inter-group assessment method, students’ affective achievement became better, and increased in 72% at cycle 2. Learning process by using inter-group assessment method with classification tree media can be implemented as an effort to improve learning process, which is centered to students, active and fun

Keywords: inter-group assessment, learning process

Abstrak:

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui perkembangan prestasi belajar siswa mengklasifikasi makhluk hidup menggunakan metode pembelajaran Penilaian Antar Kelompok dan media pohon klasifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian diketahui ketuntasan belajar siswa meningkat 43,9%, dari ketuntasan belajar 53,1% menjadi 97%. Data tersebut diperkuat pada siklus ke 2, yang terjadi ketuntasan belajar siswa 100%, dan dengan perlakuan tindakan melalui metode Penilaian Antar Kelompok prestasi afektif siswa menjadi semakin membaik, dan meningkat menjadi 72% pada siklus 2. Proses pembelajaran dengan metode Penilaian Antar Kelompok bermedia pohon klasifikasi dapat dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, aktif, dan menyenangkan.

Kata kunci: Penilaian Antar Kelompok, proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-02-23

How to Cite

Purwati, H. (2015). Penggunaan Metode Pembelajaran Penilaian Antar Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2187

Issue

Section

Journal