Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo

Authors

  • Niken Sholi Indrianie

DOI:

https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2210

Abstract

Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik
MAN Kota Probolinggo

Niken Sholi Indrianie

Guru Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Probolinggo
Email:nikensholi@gmail.com

Abstract:

The objective of study to determine the learning outcomes of students in the subjects of
English Reported Speech using cooperative learning learning model of peer tutors. The experiment was
conducted in Probolinggo City MAN with a quantitative approach. Data in the form of observation of
teacher activity, the activity of the learner and the ability work on the problems. Research Data sourced in
class X students and observers who carry out research at the school. The results showed that the learning
cooperative learning model of peer tutors implemented properly in accordance with the planned learning
syntax. Activity learners who act as tutors can perform its function properly. The ability of students as
tutors in guiding her to understand and solve problems Reported Speech English can succesfully, and at
the completion of step and step working on the evaluation can be succes, and showed considerable
increase learning outcomes.

Keywords: cooperative learning, peer tutors, learning outcomes

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
bahasa Inggris Reported Speech dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning model tutor
sebaya. Penelitian dilaksanakan di MAN Kota Probolinggo dengan pendekatan kuantitatif. Data berupa
pengamatan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan kemampuan mengerjakan soal. Data Penelitian
bersumber pada peserta didik kelas X dan pengamat yang melaksanakan penelitian di sekolah tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran cooperative learning model tutor sebaya terlaksana
dengan baik sesuai dengan sintak pembelajaran yang direncanakan. Aktivitas peserta didik yang berperan
sebagai tutor dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Kemampuan peserta didik sebagai tutor dalam
membimbing temannya untuk memahami dan memecahkan masalah bahasa Inggris Reported Speech
dapat berjalan dengan baik, dan pada langkah penyelesaian serta langkah mengerjakan soal evaluasi dapat
terlaksana dengan baik serta menunjukkan hasil belajar yang cukup meningkat .

Kata kunci: cooperative learning, tutor sebaya, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-02-23

How to Cite

Sholi Indrianie, N. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2210

Issue

Section

Journal