PENGARUH KUALITAS WEBSITE TERHADAP HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN IMPULSE BUYING

Authors

  • Dwita Anggriani

DOI:

https://doi.org/10.22219/jmb.v7i2.7009

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya peningkatan jumlah toko retail online yang ada diindonesia, hal ini membuat persaingan dalam pasar online semakin kompetitif. Perusahaan dituntut tidak hanya dapat menyediakan bermacam – macam produk yang dibutuhkan, namun perusahaan juga harus mampu menyediakan website yang baik dan dapat menarik perhatian konsumen. Kegiatan berbelanja tidak dapat terlepas dari motivasi yang mendasarinya dan satu motivasi itu adalah motivasi hedonic dimana motivasi merupakan motivasi belanja untuk mendapatkan kesenangan semata. Ketika seseorang berbelanja secara hedonic, tanpa sadar dia akan melakukan sikap impulse buying atau pembelian tidak terencana. Motivasi hedonik dan sikap impulse buying merupakan prilaku konsumen yang sangat menguntungkan perusahaan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas website terhadap motivasi hedonic dan sikap impulse buying pada website MatahariMall.com. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan questioner kepada 100 orang pelanggan MatahariMall.com. Analisis data menggunakan Struktural Equation Model ( SEM ). Hasil analisis data menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas website terhadap hedonic shopping motivation dan impulse buying.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-08

Issue

Section

Articles