PENGARUH KUALITAS WEBSITE TERHADAP HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN IMPULSE BUYING
DOI:
https://doi.org/10.22219/jmb.v7i2.7009Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya peningkatan jumlah toko retail online yang ada diindonesia, hal ini membuat persaingan dalam pasar online semakin kompetitif. Perusahaan dituntut tidak hanya dapat menyediakan bermacam – macam produk yang dibutuhkan, namun perusahaan juga harus mampu menyediakan website yang baik dan dapat menarik perhatian konsumen. Kegiatan berbelanja tidak dapat terlepas dari motivasi yang mendasarinya dan satu motivasi itu adalah motivasi hedonic dimana motivasi merupakan motivasi belanja untuk mendapatkan kesenangan semata. Ketika seseorang berbelanja secara hedonic, tanpa sadar dia akan melakukan sikap impulse buying atau pembelian tidak terencana. Motivasi hedonik dan sikap impulse buying merupakan prilaku konsumen yang sangat menguntungkan perusahaan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas website terhadap motivasi hedonic dan sikap impulse buying pada website MatahariMall.com. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan questioner kepada 100 orang pelanggan MatahariMall.com. Analisis data menggunakan Struktural Equation Model ( SEM ). Hasil analisis data menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas website terhadap hedonic shopping motivation dan impulse buying.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.