Pengembangan buku edukasi kreatif tematik untuk siswa sekolah dasar

Authors

  • Kuncahyono Kuncahyono Universitas Muhammadiyah Malang
  • Zahrotul Wihda Annadia MI Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v1i2.12442

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran berdampak pada respon belajar siswa yang rendah, sehingga perlu upaya pengembangan media belajar inovatif seperti buku edukasi kreatif tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan buku edukasi kreatif tematik serta menganalisis respon siswa terhadap penggunaan buku edukasi kreatif tematik di dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dalam mengembangkan bukatif. Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 04 Sitiarjo Kabupaten Malang yang Berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Maret 2019. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku edukasi kreatif-tematik melalui tahap validasi oleh ahli bahan ajar, ahli materi, dan ahli pembelajaran dinyatakan bahwa bahan ajar memiliki kriteria sangat layak, sangat valid, dan perlu revisi sesuai saran. Persentase kelayakan bahan ajar oleh ahli bahan ajar sebesar 93% (sangat layak), oleh ahli materi sebesar 79% (layak), dan ahli pembelajaran sebesar 96% (sangat layak). Lebih dari itu, respon siswa menunjukkan bahwa buku tergolong sangat baik dengan persentase 90%. Pengembangan buku edukasi kreatif tematik dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam mengatasi keterbatasan bahan ajar serta sebagai alternatif penggunaan bahan ajar inovatif di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-13 — Updated on 2020-08-30

Versions

Issue

Section

Articles