Kualitas butir soal try out uji pengetahuan dalam memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa PPG
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v1i2.13503Keywords:
analisis tes, uji pengetahuan, kompetensi guru, Pendidikan Profesi GuruAbstract
Kelulusan pendidikan profesi guru ditentukan berdasarkan uji kompetensi yang meliputi uji kinerja dan uji pengetahuan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kualitas butir soal Uji Tulis Lokal (UTL) Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP-UKMPPG) dan kesahihan butir soal dalam memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa PPG. Data penelitian berupa butir soal dan hasil UTL UP-UKMPPG dijaring dengan teknik dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah 30 mahasiswa PPG Kementerian Agama Tahun 2019 pada bidang studi bahasa Indonesia yang dipilih secara purposive random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software ANATES 4.0 dan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal UP-UKMPPG memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi. Lebih lanjut, tingkat kelulusan UTL UP-UKMPPG tergolong tinggi sebesar 89,6%. Namun demikian, soal dengan level sedang, mudah, dan sangat mudah masih sangat dominan dengan persentase berturut-turut 34%, 29%, dan 32%, dengan daya pembeda tergolong cukup (53%) sehingga perlu dilakukan telaah dan revisi terhadap butir soal apabila akan digunakan pada ujian di masa yang akan datang. Soal UTL UP-UKMPPG juga terbukti efektif atau sahih dalam memprediksi kelulusan mahasiswa PPGDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-08-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Fida Pangesti, Fauzan Fauzan, Risnawati Risnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.