Peningkatan hasil belajar kognitif IPA Kelas IV SDN Kayuapak 02 dengan media video

Authors

  • Ratna Nurwini SDN Kayuapak 02 , Jl. Menjing Kel. Kayuapak, Kec. Polokarto, Kota Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Ima Wahyu Putri Utami Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Elia Rovi Luddi Anofa SD Negeri Dadaprejo 01, Batu, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v3i2.14297

Keywords:

Hasil belajar kognitif, IPA, video

Abstract

Upaya yang dapat memotivasai siswa dalam pembelajaran adalah penggunaan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan media video. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV  di SD Negeri Kayuapak 02 Kota Sukoharjo dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari satu siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas siswa ketika guru memberikan penghargaan kepada mereka. Hasil belajar siswa dengan menggunakan media video meningkat yaitu pada prasiklus nilai rata-rata siswa 53,33 dan meningkat pada siklus I menjadi 84,76. Siswa yang belum mencapai nilai standar KKM diberikan perhatian yang lebih berupa pendekatan dan bimbingan yang lebih dari pada temannya yang lain, hal ini dilakukan untuk mengetahui letak kesulitan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan media video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar kognitif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agatha, N. D., Prihatin, J., & Narulita, E. (2017). Pengembangan buku komik pokok bahasan sistem peredaran darah. JURNAL BIOEDUKATIKA, 5(2), 59–64. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i2.7200

Aguilar, D., & Turmo, M. P. (2019). Promoting social creativity in science education with digital technology to overcome inequalities: A scoping review. Frontiers in Psychology, 10(JULY). https://doi.org/10.3389/FPSYG.2019.01474/FULL

Agustini, I. N., Sa’adah, S., & Paujiah, E. (2021). Digital comics learning media for high school on the human excretory system concept. Research and Development in Education, 1(2), 71–85. https://doi.org/10.22219/RADEN.V1I2.18911

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan media audio visual sebagai sumber pembelajaran sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 40–45. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3909

Arifin, M. F., Rahman, A., Hendriyani, M. E., & Rifqiawatia, I. (2022). Developing multimedia-based learning media on the digestive system using Adobe Flash Professional CS6 application for class XI. Research and Development in Education, 2(2), 76–88. https://doi.org/10.22219/RADEN.V2I2.19990

Dhanil, M., & Mufit, F. (2021). Design and Validity of Interactive Multimedia Based on Cognitive Conflict on Static Fluid Using Adobe Animate CC 2019. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(2), 177–190. https://doi.org/10.21009/1.07210

Hendriyani, M. E., Rifqiawati, I., & Lestari, D. (2022). Online learning videos to develop creative thinking skills of students. Research and Development in Education, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.22219/RADEN.V2I2.20035

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3).

Ijaz, K., Bogdanovych, A., & Trescak, T. (2017). Virtual worlds vs books and videos in history education. Interactive Learning Environments, 25(7), 904–929. https://doi.org/10.1080/10494820.2016.1225099

Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, I. K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Izzudin, A. M., Masugino, & Suharmanto, A. (2013). Efektifitas penggunaan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar praktik service engine dan komponen-komponennya. Automotive Science and Education Journal, 2(2).

Lacap, M. P. (2015). The scientific attitudes of students major in science in the new teacher education curriculum. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 7–15. http://www.apjmr.com/wp-content/uploads/2016/04/APJMR-2015-3.5.3.02.pdf

Octaviana, R., Sari, N. P., & Agustina, F. (2021). Development of echinoderm comic as learning media in Junior High School. Research and Development in Education, 1(2), 98–104. https://doi.org/10.22219/RADEN.V1I2.18978

Pratono, A., Sumarti, S. S., & Wijayati, N. (2018). Contribution of assisted inquiry model of e-module to students science process skill. Journal of Innovative Science Education, 7(25), 62–68. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/20633/10988

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 18.

Putra, N. A. R., Abdurrahman, & Suana, W. (2015). Pengaruh keterampilan proses sains dan sikap ilmiah terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8861

Rohmania, Q. N., Afifah, I. N., Fatnatin, F., Primandiri, P. R., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2022). Electronic module protist material based on ASICC learning strategies. Research and Development in Education, 2(1), 40–50. https://doi.org/10.22219/RADEN.V2I1.20363

Samsudin, S., Irawan, M. D., & Harahap, A. H. (2019). Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate Cc. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 141. https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.1009

Setianingrum, M. (2017). Penggunaan variasi media ajar terhadap 3 gaya belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/JAPANEDU.V2I1.6561

Varisa, N., & Fikri, A. A. (2022). Development of biology learning media based on video blogs (vlog) on environmental change topic. Research and Development in Education, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.22219/RADEN.V2I1.22056

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1–13. http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344/1036

Downloads

Published

2022-08-30

Issue

Section

Articles