Peningkatan hasil belajar kognitif IPA Kelas IV SDN Kayuapak 02 dengan media video
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v3i2.14297Keywords:
Hasil belajar kognitif, IPA, videoAbstract
Upaya yang dapat memotivasai siswa dalam pembelajaran adalah penggunaan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan media video. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri Kayuapak 02 Kota Sukoharjo dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari satu siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas siswa ketika guru memberikan penghargaan kepada mereka. Hasil belajar siswa dengan menggunakan media video meningkat yaitu pada prasiklus nilai rata-rata siswa 53,33 dan meningkat pada siklus I menjadi 84,76. Siswa yang belum mencapai nilai standar KKM diberikan perhatian yang lebih berupa pendekatan dan bimbingan yang lebih dari pada temannya yang lain, hal ini dilakukan untuk mengetahui letak kesulitan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan media video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar kognitif siswa.
Downloads
References
Agatha, N. D., Prihatin, J., & Narulita, E. (2017). Pengembangan buku komik pokok bahasan sistem peredaran darah. JURNAL BIOEDUKATIKA, 5(2), 59–64. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i2.7200
Aguilar, D., & Turmo, M. P. (2019). Promoting social creativity in science education with digital technology to overcome inequalities: A scoping review. Frontiers in Psychology, 10(JULY). https://doi.org/10.3389/FPSYG.2019.01474/FULL
Agustini, I. N., Sa’adah, S., & Paujiah, E. (2021). Digital comics learning media for high school on the human excretory system concept. Research and Development in Education, 1(2), 71–85. https://doi.org/10.22219/RADEN.V1I2.18911
Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan media audio visual sebagai sumber pembelajaran sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 40–45. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3909
Arifin, M. F., Rahman, A., Hendriyani, M. E., & Rifqiawatia, I. (2022). Developing multimedia-based learning media on the digestive system using Adobe Flash Professional CS6 application for class XI. Research and Development in Education, 2(2), 76–88. https://doi.org/10.22219/RADEN.V2I2.19990
Dhanil, M., & Mufit, F. (2021). Design and Validity of Interactive Multimedia Based on Cognitive Conflict on Static Fluid Using Adobe Animate CC 2019. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(2), 177–190. https://doi.org/10.21009/1.07210
Hendriyani, M. E., Rifqiawati, I., & Lestari, D. (2022). Online learning videos to develop creative thinking skills of students. Research and Development in Education, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.22219/RADEN.V2I2.20035
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3).
Ijaz, K., Bogdanovych, A., & Trescak, T. (2017). Virtual worlds vs books and videos in history education. Interactive Learning Environments, 25(7), 904–929. https://doi.org/10.1080/10494820.2016.1225099
Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, I. K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.
Izzudin, A. M., Masugino, & Suharmanto, A. (2013). Efektifitas penggunaan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar praktik service engine dan komponen-komponennya. Automotive Science and Education Journal, 2(2).
Lacap, M. P. (2015). The scientific attitudes of students major in science in the new teacher education curriculum. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 7–15. http://www.apjmr.com/wp-content/uploads/2016/04/APJMR-2015-3.5.3.02.pdf
Octaviana, R., Sari, N. P., & Agustina, F. (2021). Development of echinoderm comic as learning media in Junior High School. Research and Development in Education, 1(2), 98–104. https://doi.org/10.22219/RADEN.V1I2.18978
Pratono, A., Sumarti, S. S., & Wijayati, N. (2018). Contribution of assisted inquiry model of e-module to students science process skill. Journal of Innovative Science Education, 7(25), 62–68. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/20633/10988
Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 18.
Putra, N. A. R., Abdurrahman, & Suana, W. (2015). Pengaruh keterampilan proses sains dan sikap ilmiah terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8861
Rohmania, Q. N., Afifah, I. N., Fatnatin, F., Primandiri, P. R., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2022). Electronic module protist material based on ASICC learning strategies. Research and Development in Education, 2(1), 40–50. https://doi.org/10.22219/RADEN.V2I1.20363
Samsudin, S., Irawan, M. D., & Harahap, A. H. (2019). Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate Cc. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 141. https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.1009
Setianingrum, M. (2017). Penggunaan variasi media ajar terhadap 3 gaya belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/JAPANEDU.V2I1.6561
Varisa, N., & Fikri, A. A. (2022). Development of biology learning media based on video blogs (vlog) on environmental change topic. Research and Development in Education, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.22219/RADEN.V2I1.22056
Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1–13. http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344/1036
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ratna Nurwini, Ima Wahyu Putri Utami, Elia Rovi Luddi Anofa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.