Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas 2 SD Negeri Sidomulyo

Authors

  • Tuti Susiyanti SDN 2 Sidomulyo, Pagerbarang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v1i3.14461

Keywords:

Berpikir tingkat tinggi, Demonstrasi , Siswa SD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri Sidomulyo tentang  menaksir jumlah harga dari sekumpulan barang yang dibeli melalui metode demonstrasi dan video. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober 2020 sampai 29 Desember 2020 selama 3 bulan di kelas II SD Negeri Sidomulyo Kabupaten Tegal  semester I  Tahun pelajaran 2020/2021.  Jumlah subjek penelitan ini ada 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan  deskripstif kuantitatif  dengan menganalisis  data aktrivitas  dan hasil belajar dari siklus ke siklus . Indikator keberhasilan adalah jika   nilai siswa mendapat nilai 70 mencapai 85% maka dikatakan tuntas belajar. Hasil penelitian menujukkan bahwa: Metode demonstrasi dan video dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa tentang  menaksir jumlah harga dari sekumpulan barang yang dibeli, terbukti bahwa  prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari pra siklus dengan rata- rata kelas hanya 56 dengan ketuntasan belajar 23%. Pada siklus I  ketuntasan 40% dengan rata-rata kelas 70, pada siklus II  metode demonstrasi dan gambar untuk pembelajaran  menaksir jumlah harga dari sekumpulan barang yang dibeli yang mencukupi kebutuhan siswa dapat meningkatkan ketuntasan 96%  dan rata-rata kelas sebesar 84. Pada akhir siklus II dikatakan tuntas belajar.  Aktivitas siswa tentang kompetensi dasar  menaksir jumlah harga dari sekumpulan barang yang dibeli. Aktivitas siswa pada siklus I  dengan skor 3,4 (skala 1 - 5),  pada  skilsu I dengan skor 4,3 (skala 1-5) dan pada siklus II dengan skor 5,0 Simpulan, metode demonstrasi dan video dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dari pra siklus sampai dengan akhir siklus II dengan kenaikan  96%.

 

Improving Higher Order Thinking Skills Through the Application of the Demonstration Method to Grade 2 Students of SD Negeri Sidomulyo. The purpose of this study was to determine the increase in student achievement in class II SD Negeri Sidomulyo about estimating the total price of a set of items purchased through demonstration and video methods. The research was carried out from 30 October 2020 to 29 December 2020 for 3 months in class II SD Negeri Sidomulyo, Tegal Regency, semester I for the 2020/2021 academic year. The number of subjects for this research is 26 students. This research was conducted for 2 cycles. The data analysis technique used quantitative descriptive by analyzing activity data and learning outcomes from cycle to cycle. The indicator of success is if the student scores 70 and reaches 85%, it is said to have completed learning. The results of the study show that: The demonstration and video method can improve students' higher order thinking skills about estimating the total price of a set of purchased items, it is proven that student learning achievement has increased from pre-cycle with a class average of only 56 with a learning completeness of 23%. In the first cycle, completeness is 40% with a class average of 70, in the second cycle the demonstration and drawing method for learning to estimate the total price of a set of purchased items that meet the needs of students can increase completeness 96% and the class average is 84. At the end of the cycle II is said to have completed learning. Student activity on basic competence estimating the total price of a set of purchased goods. Student activity in cycle I with a score of 3.4 (scale 1 - 5), in skill I with a score of 4.3 (scale 1-5) and in cycle II with a score of 5.0 In conclusion, demonstration and video methods can improve thinking skills high level of students from pre-cycle to the end of cycle II with an increase of 96%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta:Kencana.

Alisuf, S. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Pedoman Ilmu Jaya.

Andi, S. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak.Yogyakarta:PT Buku Seru.

Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter.Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusman. (2011). Model –Model Pembelajaran Mengembangkan Profesianalisme Guru.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Schunk,dkk. (2012). Minat dalam Pendidikan,Teori Penelitian dan Aplikasi.Jakarta:PT Indeks.

Slameto. (2010).Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Ischak, S.W. & Wardji, R., (2010), Program Remedial Dalam Proses Belajar Mengajar, Yogyakarta: Liberty.

Nana. S, (2014). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles