Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui video pembelajaran interaktif menggunakan model discovery learning
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v2i3.14472Keywords:
Media Pembelajaran, Video Interaktif, Discovey Learning, Hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya yang dilakukan guru kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 4 SD Negeri Limbangan 05. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Limbangan 05 yang berjumlah 10 siswa. Data yang digunakan adalah data hasil belajar siswa. Sumber data diambil dari pengamatan dan hasil tes. Teknik pengumpulan data meliputi dokumen, observasi, tes tulis. Prosedur yang digunakan adalah (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media video pembelajaran Interaktif dan menggunakan model discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas 4 SD Negeri Limbangan 05. Peningkatan terjadi pada siklus I tetapi belum optimal. Pada pelaksanaan siklus II meningkat sesuai dengan harapan. Simpulan penelitian ini adalah mediavideo pembelajaran interaktif dan model discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari kurang menjadi baik. Nilai ketuntasan hasil belajar siswa 63% pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi 95,5% total peningkatan 31,5%, serta rata-rata nilai 6,30 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 9,55 total peningkatan 3,15 poin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media video pembelajaran Interaktif menggunakan model discovery Learningo dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Limbangan 05 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap.
Downloads
References
Ali Hamzah dan Muhlisrarini, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, (Jakarta: PT. Rajagravindo Persada,2014), hal. 271
Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Buchari Alma dkk, Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar (Bandung: CV Alfabeta, 2008), hal. 61-63.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002),hal. 173
Hopkins, David. 1993. A Teacher's Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.
Khoirul Anam, Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015), hal. 9
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nana Sujana, Penilaian Hasil Belajar, (Bandung: Rossda Karya, 2009),3 Udin Winataputra, Teori Belajar dan Pembelajar, (Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas terbuka, 2007),1.10
Paul Suparno, Metodologi Pembelajaran Fisika, (Yogyakarta:Universitas Sanata Dharma, 2007), hal. 65
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009), 44.
Suratina, Tirtonegoro, Anak Super Normal dan Program Pendidikannya, (Jakata: Bina Aksara,2001), 43.
Suwarna, et. All. Pengajaran Mikro, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006), 122.
Udin Syaefudin, Inovasi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009), hal. 170
W.W inkel, Psikologi Pengajaran, (Jakarta: Gramedia,1989), 82.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yeni Dwi Afriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.