Penerapan model problem-based learning dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v2i3.14479Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learnig pada pembelajaran kelas V Tema 5 Ekosistem Subtema 1 Komponen Ekosistem Pembelajaran 1 siswa kelas VB SD Negeri 01 Ranah Batahan. Pada penelitian ini menerapkan jenis penelitian PTK menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dimana penelitian ini dilakukan terhadap guru dan siswa kelas VB SDN 01 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat dengan siswa berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Hasil belajar siswa berdasarkan rekapitulasi penilaian pengetahuan dan keterampilan pada siklus I hasil belajar mencapai persentase ketuntasan 65% dengan nilai rata-rata 67 meningkat pada siklus II mencapai persentase ketuntasan 85% dengan pencapaian rata-rata 79.
Downloads
References
Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas II. Jakarta: Kemendikbud.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2015. Pembelajatan Tematik Terpadu. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Wardhani, IGAK & Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Arna Cita Resmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.