Penggunaan video pembelajaran tema sehat itu penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v1i3.14501Keywords:
Video pembelajaran, Pembelajaran tematik, Peningkatan, Sekolah DasarAbstract
Permasalahan berfokus pada hasil belajar peserta didik yang sebagian besar masih dibawah KKM dan belum mencapai ketuntasan klasikal serta kegiatan pembelajaran daring membagikan materi dalam bentuk teks dan tugas melalui wa grup kelas. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan video pembelajaran dalam penyajian materi tematik. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan Penggunaan Video Pembelajaran tentang interaksi manusia dengan alam dan tanggung jawab dalam pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema sehat itu penting. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan Pretest sebanyak 10 soal, yang terdiri dari 5 soal IPS dan 5 soal PPKn. Adapun Objek penelitian adalah kelas VA berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam PTK ini terdiri dari lembar pretest yang berupa tes tertulis, lembar observasi terhadap guru dan siswa serta lembar evaluasi yang berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada saat diadakan pretest dan postest yaitu pada mata pelajaran IPS persentase ketuntasannya sebesar 78.57 % meningkat menjadi 92.86%, sedangkan untuk mata pelajaran PPKn jumlah peserta didik yang tuntas KKM dari 21 orang dan meningkat menjadi 25 orang. Berdasarkan hasil belajar tersebut, penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
The Use of Healthy Theme Learning Videos is Important to Improve Elementary Students' Learning Outcomes. The problem focuses on student learning outcomes, most of which are still below the KKM and have not achieved classical completeness and online learning activities share material in the form of texts and assignments through class groups. This study uses learning videos in presenting thematic material. The purpose of this study is to describe the use of learning videos about human interaction with nature and responsibility in distance learning to improve student learning outcomes. Healthy themes are important. This research was carried out by giving a pretest of 10 questions, consisting of 5 questions for social studies and 5 questions for Civics. The object of the research is class VA SD totaling 28 students. The instrument used in this PTK consists of a pretest sheet in the form of a written test, an observation sheet for teachers and students and an evaluation sheet in the form of a written test. The results showed an increase in student learning outcomes when the pretest and posttest were held, namely in social studies subjects the percentage of completeness was 78.57%, increasing to 92.86%, while for Civics subjects the number of students who completed KKM from 21 people and increased to 25 people. Based on these learning outcomes, the use of instructional video media can improve student learning outcomes.
Downloads
References
Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Hambali, H., Rozi, F., & Farida, N. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Audio Visual. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 872–881.
Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021a). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021b). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Iqbal, M., & Latifah, S. (2019). Pengembangan Video Blog ( Vlog ) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring Channel Youtube Video Blog ( Vlog ). INOVASI PEMBANGUNAN – JURNAL KELITBANGAN, 7(2), 135–148.
Marlina, S., Mayasari, D., & Butarbutar, R. (2020). Pelatihan model pembelajaran jarak jauh berbasis moodle sebagai media pembelajaran. Jurnal PengaMAS, 3(2). https://doi.org/10.33387/pengamas.v3i2.1816
Primasari, I. F. N. D., & Zulela, Z. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73.
Sayidiman. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Merangsang Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(1), 36–43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v2i1.1583
Suriyani Djamdjuri, D., & Kamilah, A. (2020). Whatsapp media in online learning during Covid-19 pandemic. ENGLISH JOURNAL, 14(2). https://doi.org/10.32832/english.v14i2.3792
Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141–153. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Roza Maria Susmita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.