Meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui problem-based learning di SDN Medani 02
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v2i3.14504Keywords:
Problem Based Learning, Motivasi, Analisis Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik pada muatan pelajaran Matematika dengan menggunakan model PBL, Meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika dengan model PBL. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. PTK ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Medani 02 dengan jumlah siswa 7 orang yang terdiri dari 2 orang siswa laki dan 5 orang siswa perempuan. Model Pembelajaran Problem Based Learning ini terdiri dari lima langkah, Orientasi peserta didik pada masalah,Mengorganisasi peserta didik untuk belajar, Membimbing pengalaman individual atau kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya,Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah . Instrumen yang digunakan dalam PTK ini terdiri dari lembar observasi terhadap guru dan siswa serta lembar evalusi yang berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa setiap siklus. Nilai ketuntasan hasil belajar siswa 57 % pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi 100% total peningkatan 43 %, serta rata-rata nilai 62,0 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 98,0 total peningkatan 36 poin. Berdasarkan hasil belajar tersebut, penerapan Model pembelajaran PBL (Problem Based learning) dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti menyarankan guru- guru untuk menerapkan Model pembelajaran PBL (Problem Based learning) dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Matematika.
Downloads
References
AwalNur. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Persepsi Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Nurdin.2006. Pengaruh Variabel-Variabel Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI-IPA SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, (online), No.63 (http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/12630609.pdf, Diakses tanggal 17 februari 2015)
Nurdin, et al. 2002.Faktor-faktor Afeksi yang mempengaruhi Hasil Belajar Matematika siswa SMU Negeri di Kota Makassar. Laporan Penelitian. Makassar: Lembaga Penelitian UNM Makassar.
Rangkuti, Annisafitri & Anggaraeni, Filia Dina.2005. Hubungan Persepsi tentang Kompetensi Profesional guru Matematika dengan motivasi Belajar Matemati kapada Siswa SMA. Jurnal Psikologia, (online), Vol 1 No. 2
Prastowo.(2010). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Siagian. R. E. F. 2008. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Formatif. 2(2), 122-131.
Suharman. 2005. Psikologi Kognitif (edisirevisi). Surabaya :Srikandi)
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinekacipta.
Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Thobroni Muhammad & Mustafa Arif. 2012. Belajar&Pembelajaran. Jokjakarta: penerbitAr-RuzzMedia.
Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Emy Mardiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.