Peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V melalui model pembelajaran learning cycle
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v1i3.14519Keywords:
Model pembelajaran, Learning Cycle, hasil belajarAbstract
Penelitian ini berangkat dari kondisi rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 1 Kopen Kecamatan Jatipurno dapat diketahui dari rata-rata nilai ulangan harian siswa. Pada kegiatan ulangan harian yang diadakan guru menunjukkan perolehan nilai rata-rata siswa kurang dari 73. Dari 24 siswa yang mengikuti ulangan harian yang dilakukan, hanya 37,5 % yang mendapatkan nilai di atas 73, sedangkan 62,5 % siswa mendapat nilai dibawah 73.. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk siswa kelas V di SD Negeri 1 Kopen Kecamatan Jatipurno adalah model pembelajaran Learning Cycle terutama pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam tema Ekosistem. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) pada tema ekosistem muatan IPA yang berlangsung selama 2 Siklus dan setiap Siklus dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 2 X 35 menit, maka penulis dapat menyimpulkan: Bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas V SDN 1 Kopen semester 1 Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2020/2021, ditunjukkan dengan hasil ketuntasan belajar peserta didik sebelum perbaikan hanya 9 peserta didik (37,5 %) sedangkan pada Siklus I naik sebanyak 11 peserta didik (45,8 %) dan pada Siklus II naik menjadi 22 peserta didik (91,7 %) telah memenuhi KKM yang ditentukan.
Improving learning outcomes for fifth grade students through the learning cycle learning model. This research departs from the low condition of student learning outcomes in thematic learning in grade V SD Negeri 1 Kopen, Jatipurno District, it can be seen from the average score of students' daily tests. In the daily test activities held by the teacher, the average score of students was less than 73. Of the 24 students who took the daily test, only 37.5% got a score above 73, while 62.5% of the students scored below 73 .. One learning model that can be applied to fifth grade students at SD Negeri 1 Kopen, Jatipurno District is the Learning Cycle learning model, especially on the Natural Science content with the theme of Ecosystems. Based on the results of classroom action research (PTK) on the theme of the IPA content ecosystem which lasted for 2 cycles and each cycle had two meetings with a time allocation of 2 X 35 minutes, the authors concluded: That the use of the Learning Cycle learning model can improve the learning outcomes of Class V students at SDN 1 Kopen semester 1 Jatipurno District, Wonogiri Regency Academic Year 2020/2021, is shown by the results of learning completeness of students before improvement only 9 students (37.5%) while in Cycle I increased by 11 students (45.8%) and in Cycle II increased to 22 students (91.7%) had fulfilled the specified KKM.
Downloads
References
Aina Hayati. 2013. Penerapan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVa SD Negeri 99 Pekanbaru. Skripsi tidak dipublikasikan. FKIP Universitas Riau . Pekanbaru.
Aries dan Haryono. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengejar, Jakarta : Rineka Cipta.
Mamat, S.B. 2007. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Rusman, (2014). Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesialisme Guru. Bandung : PT Rajagrafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sari, Anita Frestiana.2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Jatiagung Tahun Pelajaran 2017/2018. PGSD.
Sudiyana.B. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cakrabooks.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.
Utri A. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Example Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa di SMPN 6 Seluma, Bengkulu: Skripsi Tidak diterbitkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Yuli Hananto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.