Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran mind mapping materi “perubahan wujud benda” pada mata pelajaran IPA kelas III

Authors

  • Siti Yulikhah SDN Lambangan Wetan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
  • Poncojari Wahyono Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
  • K. Kiyastuti SD Muhammadiyah 08, Keca. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v1i3.14536

Keywords:

Hasil belajar, Pelajaran IPA, Model MIndmap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran guru (peneliti) agar hasil belajar peserta didiknya dapat meningkat.  Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus.  Teknik pengumpulan data yang dgunakan antara lain teknik test, non test, observasi,  serta wawancara. Sedangkan alat pengumpulan datanya berupa lembar pengamatan kegiatan pembelajaran, instrumen soal ulangan harian. Ada 2 jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif, diperoleh dari hasil ulangan harian dan lembar kerja dan data kualitatif, yang diperoleh dari lembar pengamatan dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA  materi perubahan wujud benda di kelas III SDN Lambangan Wetan dengan hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari 62 meningkat menjadi 77 dan prosentase ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari 52% meningkat menjadi 87%, serta meningkatnya semangat dan aktifitas belajar siswa.

 

Improving Learning Outcomes through the Mind Mapping Learning Model Material "Changes in the Shape of Objects" in Class III Science Subjects. This study aims to improve the learning of teachers (researchers) so that student learning outcomes can increase. The research approach used is a qualitative approach using the type of classroom action research (CAR). The research was carried out in two cycles. Data collection techniques used include test, non-test, observation, and interview techniques. While the data collection tools are in the form of observation sheets of learning activities, daily test questions instruments. There are 2 types of data used, namely quantitative data, obtained from the results of daily tests and worksheets and qualitative data, obtained from observation sheets in the learning process. The result of this research is an increase in student learning outcomes in science subjects material changes in the shape of objects in class III elementary school Lambangan Wetan with the average score obtained from 62 increasing to 77 and the percentage of completeness student learning obtained from 52% increased to 87%, as well as increased enthusiasm and student learning activities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, Rini. 2014. Manfaat dan Kelebihan Pembelajaran Mind. (Online), (http://model-pembelajaranku.blogspot.co.id, diakses 10 September 2017).

Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Djazuli, Ahmad. dkk. 1994. Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud. Dirjen Dikdsmen

Sapriati, Amalia. dkk. 2014. Pembelajaran IPA SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugianto, Dwi. 2009. Belajar Dan Pembelajaran I. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe.

Sukidin, dkk. (2007). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Utomo, Dwiyono Hari. 2010. Pendidikan IPA SD. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe.

Wardhani, IGAK. dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardhani, IGAK. dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wardhani, IGAK. 2016. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wardhani, IGAK. 2017. Pemantapan Kemampuan Profesional. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles