Peningkatan hasil belajar siswa dalam pemanfaatan media TTS Aplikasi Hot Potatoes di SDN Growong Lor 01

Authors

  • Bangun Widodo Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v2i1.14545

Keywords:

Hasil belajar, Media TTS, Hot Potatoes

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi penggunaan media aplikasi teka teki silang (TTS) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa  Tahapan penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian pada siklus satu dan siklus dua menunjukkan bahwa pemanfaatan media teka-teki silang yang dibuat menggunakan Aplikasi Hot Potatoes memberi dampak peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa terutama berkaitan kosakata dan definisi. Pada awal penelitian jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa dari 20 siswa dan mangalami pengurangan, dari enam siswa (siklus satu) menjadi hanya tiga siswa saja yang belum tuntas pada siklus dua. Secara persentase skala peningkatan ketuntasan dari 50 menjadi 76.88 pada akhir siklus satu dan 88.06 pada akhir siklus dua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara

Asrori, Mohammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Budiyono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hakim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran.Bandung: CV. Wacana Prima

Hisyam, Zaiini, dkk. 2008. Metode Pembelajaran Aktif. Yogjakarta :Pustaka Insan Madani

Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Moloeng, lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda Rubiyanto,Rubino, M.Pd, Drs. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Qinant

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian kuantitatife, Kualitatife, dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Sukidin, dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.

Sukmadinata, Nana Shaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Suwandi, Joko. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : Qinant

Wiriatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mamat, S.B. dkk, 2007. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen

Kelembagaan Agama Islam.

Downloads

Published

2022-06-10 — Updated on 2021-04-30

Issue

Section

Articles