Peningkatan hasil belajar siswa dalam pemanfaatan media TTS Aplikasi Hot Potatoes di SDN Growong Lor 01
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v2i1.14545Keywords:
Hasil belajar, Media TTS, Hot PotatoesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi penggunaan media aplikasi teka teki silang (TTS) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa Tahapan penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian pada siklus satu dan siklus dua menunjukkan bahwa pemanfaatan media teka-teki silang yang dibuat menggunakan Aplikasi Hot Potatoes memberi dampak peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa terutama berkaitan kosakata dan definisi. Pada awal penelitian jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa dari 20 siswa dan mangalami pengurangan, dari enam siswa (siklus satu) menjadi hanya tiga siswa saja yang belum tuntas pada siklus dua. Secara persentase skala peningkatan ketuntasan dari 50 menjadi 76.88 pada akhir siklus satu dan 88.06 pada akhir siklus dua.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara
Asrori, Mohammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Budiyono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hakim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran.Bandung: CV. Wacana Prima
Hisyam, Zaiini, dkk. 2008. Metode Pembelajaran Aktif. Yogjakarta :Pustaka Insan Madani
Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).
Moloeng, lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda Rubiyanto,Rubino, M.Pd, Drs. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Qinant
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian kuantitatife, Kualitatife, dan R & D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Sukidin, dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.
Sukmadinata, Nana Shaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Suwandi, Joko. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : Qinant
Wiriatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mamat, S.B. dkk, 2007. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen
Kelembagaan Agama Islam.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bangun Widodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.