Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPA dalam pembelajaran tematik kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v2i1.14588Keywords:
Model pembelajaran, mind mapping, hasil belajar IPA, tematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian perbaikan pembelajaran yang dilakukan dalam dua siklus. Perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran IPA secara tematik. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas V SDN Srondol Wetan 03, yang terdiri dari 12 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan.Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa saat menggunakan metode ceramah tanpa model pembelajaran, nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 69,29. Pada Pre Test siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 71,07. Pada post test siklus I mengalami peningkatan sebesar 4,11 dengan nilai rata – rata sebesar 75,18. Pada pre test siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 77,14. Post test sikus II mengalami peningkatan sebesar 5,54 dengan nilai rata-rata 82,68. Pada siklus II 92,86% siswa sudah memenuhi target nilai minimal. Peningkatan nilai rata-rata kelas dari prasiklus sampai siklus II sebesar 13,57. Penelitian memenuhi target keberhasilan yang ditetapkan.Terjadi peningkatan hasil belajar aspek afektif, minat siswa terhadap model dan media dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 3,57. Kemmapuan guru juga lebih baik dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa baik aspek kognitif maupun afektif. Minat siswa terhadap model dan media pembelajaran juga semakin meningkat. Kemampuan guru lebih baik dari siklus I ke siklus II.
Application of the mind mapping learning model to improve science learning outcomes in thematic learning for grade V elementary school. This study aims to describe the improvement of science learning outcomes in thematic learning by using a mind mapping learning model. This type of research is learning improvement research conducted in two cycles. Improvement of learning using mind mapping learning model in science learning thematically. The subjects of the study were 28 fifth grade students at SDN Srondol Wetan 03, which consisted of 12 male students and 16 female students. The results of classroom action research showed that when using the lecture method without a learning model, the average score in the pre-cycle was 69.29. In the Pre Test cycle I the average value of the class is 71.07. In the post test cycle I, there was an increase of 4.11 with an average value of 75.18. In the pre-test cycle II the average value of the class is 77.14. Cycle II post-test increased by 5.54 with an average value of 82.68. In the second cycle 92.86% of students have met the minimum score target. The increase in the average value of the class from pre-cycle to cycle II was 13.57. The research met the success targets set. There was an increase in learning outcomes in affective aspects, student interest in models and media from cycle I to cycle II increased by 3.57. The teacher's ability is also better from cycle I to cycle II. Thus it can be concluded that there is an increase in student learning outcomes both cognitive and affective aspects. Students' interest in learning models and media is also increasing. The teacher's ability is better from cycle I to cycle II.
Downloads
References
Anni, Catharina Tri, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Arief S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Depdiknas.2009. Pembelajaran IPA. Jakarta: Depdiknas
Mudikawati, Mety. 2018. Super Complete Kelas SD/MI. Depok: Magenta Media.
Munib, achmad dkk. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Sapriati, Amalia, dkk. 2014. Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Teori & Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wardani, I.G.A.K, dkk. 2014. Pemantapan Kemampuan Profesional. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Wiriaatmadja , Rochiati. 2012. Model penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ratih Mariana Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.