Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa materi pelestarian lingkungan melalui pendekatan contextual teaching and learning
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v2i1.14629Keywords:
Motivasi belajar, Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning, Pelestarian Alam,Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA serta kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Pelestarian Lingkungan Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Pelestarian Lingkungan Siswa Kelas IV SD. Jenis peneltian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tlogo dengan jumlah 13 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda, isian dan uraian serta pengisisan angket. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis dengan tabel dan grafik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada siklus 1 dari 84.60% siswa belum tuntas pada siklus 2 presentase ketuntasan mencapai 100% dan 100% siswa termotivasi mengikuti pembelajaran. Dengan adanya perbedaan yang signifikan ini membuktikan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar materi Pelestarian Alam Siswa Kelas IV SD Negeri Tlogo. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, penelitian ini memiliki implikasi antara lain: Bagi Siswa (Pendekatan Contextual Teaching and Learning memberikan kesempatan kepada siswa lebih banyak untuk memanfaatkan linkungan dalam mempelajari materi). Bagi Guru (mampu menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran lain) dan Bagi Sekolah (alternative untuk meningkatkan kualitas akademik).
Increasing Students' Motivation and Learning Outcomes on Environmental Preservation Materials Through Contextual Teaching and Learning Approach. The low student learning outcomes in science lessons and the lack of student motivation in participating in learning. The purpose of this study was to see the effect of the Contextual Teaching and Learning Learning Model on Increasing Motivation and Learning Outcomes of Environmental Preservation Materials for Class IV Elementary School Students. This type of research is classroom action research. The research variable was the fourth grade students of SD Negeri Tlogo. Data collection in this study was carried out using test and questionnaire methods. The data collection instrument used was a multiple choice test, filling and description and filling out a questionnaire. The data that has been collected is analyzed with tables and graphs. The results of hypothesis testing showed that there was a significant increase in cycle 1 from 84.60% of students who had not completed in cycle 2 the percentage of completeness reached 100% and 100% of students were motivated to take part in learning. This significant difference proves that there is an influence of the Contextual Teaching and Learning Learning Model on the Motivation and Learning Outcomes of Class IV Students of SD Negeri Tlogo. Based on the results that have been obtained, this research has implications, including: For Students (The CTL Model provides opportunities for students to take advantage of the environment in studying the material). For teachers (able to apply the CTL Learning Model in other subjects) and for schools (alternatives to improve academic quality).
Downloads
References
Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 3(1), 6-12.
Anisa, Harisan. 2020. Model Pembelajaran Kontekstual CTL (Contextual Teaching and Learning) https://www.tripven.com/pembelajaran-ctl/#LangkahLangkah_atau_Sintaks_Pembelajaran_Kontekst ual_(CTL) (diakses tanggal 19 Oktober 2020)
Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan model contextual teaching and learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 451-460.
Hermawan, I. P. E., Jampel, I. N., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Maghfiroh, L. (2014). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya, 2(1-11).
Nurhaliza, E. (2019). Penerapan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Melalui Alat Peraga Torso Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SDN Muara Bumban 1 Kabupaten Murung Raya. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 2(2), 220-240.
Putrianasari, D. D., & Wasitohadi, W. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran- Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 57-77.
Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).
Ruiyati, R., Suleman, S., & Alibasya, L. M. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) Di Kelas IV SD Inpres 3 Terpencil Baina'a. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(7), 112201.
Sari, P. M. N., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Hasil Belajar Matematika Melalui Model CTL Berbasis Masalah Terbuka Di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 248-256.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 73-84.
Yudha, C. B. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 12-27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Heni Kusumawati, Arti Prihatini, Qoriatul Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.