Peningkatan hasil pembelajaran tematik terpadu menggunakan metode discovery learning menemukan makna kosakata dalam teks bacaan

Authors

  • Yeni Oktavia SD Negeri 09 Gaung, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v2i1.14688

Keywords:

kosakata, makna kata, discovery learning

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan penerapan model discovery learning untuk  meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu  menemukan  makna kosakata dalam teks bacaan di SD Negeri 09 Gaung. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1)Perencanaan pembelajaran tematik terpadu dengan penerapan model discovery learning untuk  meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu  menemukan makna kosakata dalam teks bacaan di SD Negeri 09 Gaung. (2)Pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan penerapan model discovery learning untuk  meningkatkan hasil pembelajaran daring tematik terpadu  menemukan makna kosakata dalam teks bacaan  di SD Negeri 09 Gaung. Pelaksanaan tindakan dibagi atas 2 siklus  dengan rentang waktu 2 minggu. Selama melaksanakan penelitian, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas II di sekolah tersebut serta teman sejawat yang membantu dalam melaksanakan penelitian. Data aktivitas peserta didik digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta Didik, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan Tes Hasil Belajar. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II berada dalam kategori BAIK, dan peneliti telah berhasil menerapkan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik di kelas II SDN 09 Gaung Kota Padang.

 

The improvement of integrated thematic online learning outcomes using the discovery learning method finds the meaning of vocabulary in reading texts. "In general, classroom action research aims to improve the application of discovery learning models to improve integrated thematic learning outcomes to find vocabulary meanings in reading texts at SD Negeri 09 Gaung. Specifically, the purpose of this study is to describe (1) Integrated thematic learning planning with the application of the discovery learning model to improve the results of integrated thematic learning to find the meaning of vocabulary in reading texts at SD Negeri 09 Gaung. (2) Implementation of integrated thematic learning with the application of discovery learning models to improve the results of integrated thematic online learning to find the meaning of vocabulary in reading texts at SD Negeri 09 Gaung. The implementation of the action is divided into 2 cycles with a span of 2 weeks. During conducting the research, researchers collaborated with class II teachers at the school as well as colleagues who assisted in carrying out the research. Student activity data were extracted with Student Activity Observation Sheets, Learning Management data by the Teacher was extracted with Learning Management Observation Sheets, while student learning outcome data was extracted with Learning Outcomes Tests. Based on the results of research in cycle I and cycle II are in the GOOD category, and researchers have successfully applied the Discovery Learning model to thematic learning in class II SDN 09 Gaung Kota Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Bumi Aksara

Basrowi, Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSBN) No 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK Yang Propesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kadir, Abdul dan Hanun Asrohah. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum 2013. 2013.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo.

Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Lampiran IV, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013, Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran

Lif Khoiru Ahmadi, dan Sofan Amri. 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Mahyuddin, Ritawati dan Yetti Iriani. 2008. Hand Out Mata Kuliah Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Padang: UNP.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Permendikbud nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: DIVA Press.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: KENCANA.

Rochiati, Wiriatmadja. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Trianto.2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2008, hlm. 229 Ibid.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010,

Syaiful Bahri Djamah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008, hlm.13

Nana Sudjana, Op. Cit, hlm. 3 Ibid, hlm. 22

Syaiful Bahri Djamah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006,

Dimiyati dan Mujiono, Belajar dan Proses Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006, hlm.3-5

Nana Sudjana, Loc Cit.

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2010, hlm. 50-54

Slameto,Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010. hlm. 54

Tulus Tu’u, Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: PT.Gransindo, 2004, hlm. 78

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles