Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v2i2.14834Keywords:
Bahasa Indonesia , Keaktifan Siswa, Matematika, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas III SD Negeri 1 Giriwangi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi untuk mendapatkan data keaktifan siswa. Pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan siswa, terjadi perubahan yang positif pada sikapnya selama mengikuti proses pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL).Pada siklus I memperoleh 43%,sedangkan pada siklus II memperoleh 100%, Jadi ada peningkatan sebesar 57%.
Application of the problem based learning model to improve student learning activity. The purpose of this study is to increase the activity of third grade students of SD Negeri 1 Giriwangi. This type of research is Classroom Action Research (CAR) which is carried out in 2 cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementing actions, observing and reflecting. Data was collected by using observation techniques to get data on student activity. Learning with the application of the Problem Based Learning (PBL) model can increase student activity, there is a positive change in his attitude during the learning process using the Problem Based Learning (PBL) model. In the first cycle it gets 43%, while in the second cycle it gets 100%, so there was an increase of 57%.
Downloads
References
Anshori, Muhammad Isa. 2014. Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Atsnan, Rahmita Yuiana Gazali.2013. “Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan Pecahan”. Mahasiswa Pendidikan Mateamtika Pasca Sarjana UNY. (Jurnal). 429-436.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Em Zul Fajri dan Ratu Aprillia Senja, (2014), Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: Difa Publisher, hal. 36
Mardianto, (2013), Psikologi pendidikan, Medan: Perdana Publishing, hal. 13
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Cucu Harwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.