Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan pendekatan scientific metode tanyajawab disertai reward
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v2i2.14847Keywords:
Motivasi Belajar, Pendekatan Scientific, Metode TanyajawabAbstract
Peneltian Tindakan Kelas SDN Cadaskertajaya II Kelas 5 Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang Tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini bertujuan upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan pendekatan scientific metode tanyajawab disertai reward. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas V SDN 2 Basuhan sebanyak 16 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Data diperoleh melalui teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan cara membandingkan hasil pree test dan post test. Tindakan ini dilakukan hanya dalam 2 siklus dengan 1 kali kegiatan pembelajaran. Dari tindakan upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan pendekatan scientific metode tanyajawab disertai reward diperoleh adanya peningkatan belajar siswa dimana indikator ditandai dengan siswa ditandai lebih aktif dan memiliki semangat untuk belajar hal ini ditunjukan dengan aktivitas.
Efforts to increase student learning motivation with a scientific approach to the question and answer method with rewards. This study aims to increase students' learning motivation with a scientific approach to the question and answer method with rewards. The research approach used is a qualitative approach using the type of classroom action research (CAR). The subjects of this study were researchers and fifth grade students of SDN 2 Basuhan as many as 16 people consisting of 7 men and 9 women. Data were obtained through test, observation, and documentation techniques. The data collected were analyzed using qualitative descriptive data analysis by comparing the results of the pree test and post test. This action is carried out only in 2 cycles with 1 learning activity. From the action of efforts to increase students' learning motivation with a scientific approach to the question and answer method with rewards, it was found that there was an increase in student learning where the indicators were marked by students being more active and having enthusiasm for learning, this was indicated by activity.
Downloads
References
Arikunto (2013:17) Siklus penelitian Tindakan kelas,Jakarta : PT Bumi Aksara
Arikunto (2010:17) Perencanaan PTK Jakarta : PT Bumi Aksara
Arikunto (2013:199) Lembar observasi Jakarta : PT Bumi Aksara
Aqib Zainal dkk (2011), penelitian tindakan kelas. Untuk Guru SD, SLB, dan. TK. Bandung: Yrama Widya.
Bernard dalam Keyes (2010: 21)Teaching the scientific Method in the social sciences The Journal of Effective Teaching
Kemdikbud, 2015:1 dalam buku penelitian tindakan kelas, 2015:6),
Majid 2010:210).Metode tanya jawab Bandung Remaja Rosdakarya
Sutrisno Edy (2011: 109) “ movere” motivasi belajar,Jakarta;Kencana
Slameto (2010), reward Jakarta: PT. Rineka Cipta. Subadi,
Purwanto (2011), reward Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
`1 Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta.: PT Raja Grafindo Persada, 2011), 18
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 INDRI RESPATI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.