Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep materi pengaruh kalor siswa kelas 5 SDN 1 Temenggungan
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v2i2.16053Keywords:
Metode Eksperimen, Keterampilan proses SAINS, Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menemukan pengaruh kalor pada siswa kelas V dengan menggunakan metode ekperimen terbimbing di SDN Temenggungan 1, Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif serta jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber datanya yaitu kelas V SDN 1 Temenggungan, Blitar yang berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 7 perempuan. Data yang didapatkan berupa keterampilan proses SAINS yang dilihat dari aktifitas siswa yang terukur dalam indicator-indikator sintaks metode eksperimen. Sedangkan pemahaman konsep yang dilihat dari hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Waktu penelitian pada bulan Januari sampa Maret 2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus ada 1 pertemuan. Tiap siklus ada 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Penerapan metode eksperimen meningkatkan keterampilan proses SAINS dan pemahaman konsep materi pengaruh kalor pada siswa kelas V di SDN 1 Temenggungan, Blitar. Hal ini ditunjukkan bahwa indicator-indiktor keterampilan proses SAINS diterapkan dalam proses menemukan pengaruh kalor sehingga berdampak pada hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat dari 74,375 menjadi 81, 875 pada siklus II. Peningkatan presentase ketuntasan dari 81% pada siklus I meningkat menjadi 87,5% pada siklus II.
This study aims to determine the increase in the skills to find the effect of heat on fifth grade students by using the guided experiment method at SDN Temenggungan 1, Blitar. This study uses qualitative research and the type of research is Classroom Action Research (PTK). The data source is class V SDN 1 Temenggungan, Blitar, with a total of 16 students, consisting of 9 boys and 7 girls. The data obtained were in the form of SAINS process skills as seen from measured student activities in the experimental method syntax indicators. Meanwhile, understanding the concept seen from student learning outcomes. The data collection techniques used were observation, interview, test, and documentation. The research time was from January to March 2019. This research was conducted in 2 cycles and each cycle had 1 meeting. Each cycle has 4 stages, namely preparation, implementation, observation, and reflection. The application of the experimental method improves the SCIENCE process skills and understanding of the concept of the material effect of heat in fifth grade students at SDN 1 Temenggungan, Blitar. It is shown that indicators of SAINS process skills were applied in the process of finding the effect of heat so that it had an impact on student learning outcomes in cycle I, the student's average score increased from 74.375 to 81.875 in cycle II. The percentage increase in completeness from 81% in cycle I increased to 87.5% in cycle II.
Downloads
References
Aprilia, A. (2018). Pemahaman Konsep Perubahan Sifat Benda Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Metode Eksperimen. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i1.339
Cindy Juwita Dessyana. (2012). No Titleענף הקיווי: תמונת מצב. עלון הנוטע, 66(3), 37–39.
Ekantini, A., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187–194. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/3511
Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik, 13(1). https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7689
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.
Sakdiah, S., Mursal, M., & Syukri, M. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kps Pada Materi Listrik Dinamis Siswa SMP. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10727
Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Pedagogik, D., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 312–321. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20561
Suhada, H. (2017). Model Pembelajaran Inquiry Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 63–68.
Wahyuni, R., & Taufik, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (, II(4), 2407–6902.
Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335
Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Arikunto, S.Prosedur Penelitian. Yogjakarta: Reneka Cipta. 2010
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016
Akbar, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Filosofi, Metodologi & Implementasi (Edisi Revisi).Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Elmi Aldila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.