Peningkatan kemampuan pemecahan masalah kontekstual materi IPA melalui penggunaan model problem based learning

Authors

  • Rizka Ayu Wulansuci SDN 2 Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Arina Restian Program Studi Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mafruzah Iza SDN 2 Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v2i2.16805

Keywords:

Model Pembelajaran PBL, Peningkatan, Minat belajar, Ipa

Abstract

Minat yang dimiliki oleh peserta didik dapat ditingkatkan dengan adanya modifikasi pada kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu dengan penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam penerapannya di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kontekstual pada materi Ilmu pengetahuan alam (IPA) melalui penggunaan model problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research (CAR) dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah secara sistematis dalam pembelajaran di sekolah yang dilakukan oleh peserta didik. Subjek yang terlibat adalah peserta didik kelas 5 c SDN Tlogomas 2 Kota Malang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, serta dokumentasi. Instrumen dalam penelitian menggunakan pedoman observasi, tes hasil belajar, dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar peserta didik yang terlihat dari hasil belajar peserta didik yaitu mencapai 97% dengan ketuntasan belajar sebanyak 29 peserta didik dengan jumlah keseluruhan 30 peserta didik di kelas.

 

Improving the ability to solve contextual problems in science material through the use of problem based learning models. The students' interest can be increased by modifying learning activities, one of which is by using a problem-based learning model (PBL) in its application in the classroom. This study aims to improve the ability of contextual problem managers in natural science (IPA) material through the use of a problem-based learning (PBL) model. This research is a classroom action. In this study using a qualitative approach. Classroom Action Research (CAR) is designed to solve a problem systematically in school learning carried out by students. The subjects involved were students in grade 5 c SDN Tlogomas 2 Malang City. Data techniques include observation, tests, and documentation. The instruments in the latest research are observation, test learning outcomes, and new documentation. The results showed that the use of problem-based learning models (PBL) can enhancement students' interest in learning which can be seen from the learning outcomes of students which reached 97% with 29 students learning completeness with a total of 30 students in the class.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Muiz, Insih Wilujeng, Jumadi, S. (2016). Implementasi Model Susan Loucks-Horsley Terhadap Communication and Collaboration Peserta Didik Smp. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1079–1084. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9565

Anugrah, Muhamad. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (Langkah-langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Yogjakarta : LeutikaPrio.

Asrori, M. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Wacana Prima.

Ayu, L. (2009). Landasan Teori Minat Belajar. MinallBelajar, 2(1), 7–27.

De Graaff, E., & Kolmos, A. (2003). Characteristics of Problem-Based Learning. International Journal of Engineering Education, 19(5), 657–662.

Djaali, H. (Ed). 2014 . Psikologi Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara.

Gd. Gunantara, Md Suarjana, P. N. R. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. 2. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Komalasari, Kokom. 2015 . Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasi . Bandung : Refika Aditama.

Kudisiah. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018. Director, 15(40), 6–13. http://awsassets.wwfnz.panda.org/downloads/earth_summit_2012_v3.pdf%0Ahttp://hdl.handle.net/10239/131%0Ahttps://www.uam.es/gruposinv/meva/publicaciones jesus/capitulos_espanyol_jesus/2005_motivacion para el aprendizaje Perspectiva alumnos.pdf%0Ahttps://ww

Legiman. (2015). Penelitian Tindak Kelas (PTK). LPMP Yogyakarta, 1(1), 1–15. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/02/Penelitian-Tindakan-Kelas-PTK-legiman.pdf&ved=2ahUKEwjK7aGUlZroAhWGyTgGHc20BC0QFjADegQIARAB&usg=AOvVaw3WL-rUuvxMRRWLfrtJXMTd

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Malikha, D. R. (2018). Strategi Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Sebagai Salah Satu Metode Pembelajaran Berkarakter dan Berwawasan Global. Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan IV. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/162

Ningrum, E. (2014). Contextual Teaching and Learning. Encyclopedia of Educational Leadership and Administration, September, 0–19. https://doi.org/10.4135/9781412939584.n124

Partovi, T., & Razavi, M. R. (2019). The effect of game-based learning on academic achievement motivation of elementary school students. Learning and Motivation, 68(June), 101592. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2019.101592

Puji, A., & Hidayah. (2016). Classroom Action Research, Upaya Membangun Ekosistem Pendidikan Melalui Atmosfir Penelitian. 217–224.

Rizki, M. (2018). Profil Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika Oleh Siswa Kelompok Dasar. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 18(02), 271–286. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/download/1507/794/

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulistiyono, F. 2014. Peningkatan Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Tematik Kelas I Melalui Metode Story Telling Di Sd N Gembongan Sentolo Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Trianto. 2011 .Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.

Ulfa, S. W. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum : Upaya Mengembangkan. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VI(1), 65–75.

Downloads

Published

2022-06-11

Issue

Section

Articles