Kesetaraan gender dalam dunia pendidikan dan perspektif agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v2i3.23975Keywords:
GenderAbstract
Kajian yang berjudul kesetaraan gender dalam pendidikan Islam telah mewakili ide yang mencoba untuk mengungkapkan beberapa masalah yang berkaitan dengan kesetaraan gender di lingkup pendidikan Islam, khususnya ide-ide pendidikan Islam dari salah satu mufassir Indonesia modern. Target yang ingin dicapai dari penelitian ini berdasarkan kesetaraan gender dalam dunia pendidikan dan perspektif agama islam. Penelitian ini juga menjelaskan tentang relevansi ide-ie dalam mengembangkan sistem pendidikan nasional. Awal isu kesetaraan gender itu dimulai ketika RA Kartini membuka sekolah khusus perempuan terus kondisi sekarang yang masih ada ketidaksetaraan gender akibat patriarki terus kita bikin gerakan melawan patriarki di sekolah.
Downloads
References
Qamariah, D. N. 2019. Persepsi Masyarakat Mengenai Kesetaraan Gender Dalam Keluarga. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, Vol. 4 No. 2.
Sulistyowati, Y. 2020. Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan dan Tata Sosial. Indonesian Journal of Gender Studies. Volume 1 No. 2 : 1 – 14.
Sumar, Warni Tune. Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal MUSAWA, Vol. 7 No. 1, Juni 2015.
Shihab, Q. M. 2003. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jurnal Cet l. Volume 2
Tap MPR No 1V/1999 tentang GBHN mengamanatkan tentang kedudukan dan peranan perempuan
Tierney, H. (ed.), Women’s Studies Encyclopedia, Vol. I, (New York: Green Wood Press, tt), 153.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anggi Nuryatus Safitri, M. Arya Fatah, Nafisa Nur Azizah, Safna Afra Zakiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.