Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand

Authors

  • Zumrotin Firdaus Program Studi S1 Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lina Listiana Program Studi S1 Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yuni Gayatri Program Studi S1 Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • A. Asy’ari Program Studi S1 Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003

Keywords:

Discovery learning, Keterampilan berpikir kritis, Motivasi siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar siswa, serta mengetahui keterlaksanaan pembelajaran discovery learning pada siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning mengalami peningkatan. Pada siklus I skor rata-rata keseluruhan 3,60 dan pada  siklus II skor rata-rata keleuruhan siswa  yaitu 3,83 dengan kategori sangat baik. Kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan model discovery learning mengalami  peningkatan pada siklus I sebesar 74,44% dan siklus II sebesar 82,78%. Pada observasi peningkatan motivasi belajar siswa dapat diketahui pada siklus I ada 6 siswa yang motivasinya dibawah 50%, sedangkan pada siklus II tidak ada siswa yang motivasinya dibawah 50% dan sebanyak 14 siswa yang motivasi belajarnya meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S.. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dafrita, I. E. (2017). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis dalam Menemukan Konsep Keanekaragaman Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 32–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i1.485

Dewi, S. R., Nurmilawati, M., & Budiretnani, D. A. (2017). Improving of scientific literacy ability using discovery learning model at the seventh grade students of state JHS 3 Ngronggot, Nganjuk-Indonesia. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(3), 266–271. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i3.4597

Druckman, D., & Ebner, N. (2017). Discovery learning in management education : design and case analysis. Journal of Manajement Education, 00(0), 1–28. https://doi.org/10.1177/1052562917720710

Hayati, N., & Berlianti, N. A. (2016). Improvement Students’ Activities and Cognitive Learning Outcomes of Hasyim Asy’ari University through Guided Discovery Learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 2(3), 206–214.

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 73–82. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465

Miftahuddeen, School Nathwee. (2015). The curriculum of education Miftahuddeen School. Nathwee District.

Muhfahroyin, M. (2009). Memberdayakan kemampuan berfikir kritis siswa melalui pembelajaran konstruktivistik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 88-93. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/2611

Riduwan. 2010. Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Saputri, A. C., Sajidan, S., Rinanto, Y., Afandi, A., & Prasetyanti, N. M. (2019). Improving students’ critical thinking skills in cell-metabolism learning using stimulating higher order thinking skills model. International Journal of Instruction, 12(1), 327–342. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12122a

The Ministry of Education. (2008). The Basic Education Core Curriculum. Directive of the Ministry of Education.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1–13. http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344/1036

Zubaidah, S., Duran Corebima, A., & Mahanal, S. (2018). Revealing the relationship between reading interest and critical thinking skills through Remap GI and Remap Jigsaw. International Journal of Instruction, 11(2), 41–56. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1124a

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles