Peningkatan hasil belajar matematika menggunakan bahan ajar kontekstual berbasis inquiry pada siswa Kelas III SD

Authors

  • Rina Mariana Hesti SD MBF Al Adzkiya
  • Arti Prihatini Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Qoriatul Azizah SD Negeri Punten 01

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v3i2.24006

Keywords:

Bahan ajar kontekstual, Hasil belajar, Inquiry

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam mengalikan dua bilangan cacah, maka diperlukan bahan ajar yang tepat untuk keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian bilangan cacah menggunakan bahan ajar kontekstual berbasis inquiry di kelas III SD MBF Al Adzkiya Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian berjumlah 31 siswa dengan kriteria mampu membaca dan mengikuti pembelajaran daring melalui Google classroom dan Zoom meeting. Penelitian siklus I dilaksanakan menggunakan bahan ajar bermedia video dengan model ceramah. Penelitian siklus II dilaksanakan menggunakan bahan ajar kontekstual berupa video dengan metode inquiry. Siswa mengerjakan evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 22,58%. Bahan ajar kontekstual berbasis inquiry berhasil meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M., F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara Volume 01 Nomor 02, Nopember , halaman 159-170.

Dewey, J. (1997). How we think: Courier Corporation. London

Depdikbud. (2014). Peraturan MenteriPendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dinnullah, R., N., I. (2018). Perbedaan model problem based learning dan discovery-inquiry ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Jurnal Mercumatika. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika,Vol. 3, No 1, Oktober, halaman . 01-08

Fitria, H., Muhammad Kristiawan, Nur Rahmat. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, Vol. 4, No. 1, April.

Handini, D., Diah Gusrayani, Regina Lichteria Panjaitan. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1, halaman 451-460.

Innabi, Hanan. (2003). Aspects of Critical Thinking in Classroom Instruction of Secondary School Mathematics Teachers in Jordan.

Johnson, E. B. (2011). Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa Learning.

Laily, I., F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. EduMa Vol.3 No.1 Juli.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murnaka, N. P., Sri Ratna Dewi. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, Volume 2, No. 2, 2018, pp. 163-171.

Nazilah, F., Prana Dwija Iswara, Ali Sudin. (2017). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menggali Informasi dari Teks Wawancara dalam Bahasa Indonesia Tulis dengan Role Playing (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV B MI Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang). Jurnal Pena Ilmiah: Vol.2, No 1, halaman 131-140.

Perwitasari, S., Wahjoedi, Sa’dun Akbar. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume 3 Nomor 3 Bulan Maret, Halaman 278—285.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Purwanto, Y., Swaditya Rizki. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro Vol. 4, No. 1 Hal. 67-77.

Rahayu, T. (2018). Penerapan Inquiry Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tulungrejo Tulungagung. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 3 No.2, Mei.

Sofnidar dan Husni Sabil. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan Kontekstual. Edumatica Volume 02 Nomor 02, Oktober.

Sudibjo, N., Maria Magdalena Isti Handayani. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Koneksi Matematis, Memecahkan Masalah, dan Komunikasi Matematis. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 19, No. 2, Agustus.

Suherman, E. (2003). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Educare Vol. 2, No.1, Agustus.

Downloads

Published

2022-08-30

Issue

Section

Articles