Proyek “Merawat daur biogeokimia bumi” sebagai penguatan profil pelajar pancasila

Authors

  • Salsabiilaa Roihanah Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Syifa Salsabilla Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Muthia Maharani Saiful Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Tegar Ganes Firmandani Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Yusvita Ratna Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sinta Indah Listiawati Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • H. Husamah Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v3i3.24009

Keywords:

Daur biogeokimia, Pembangunan berkelanjutan, Profil pelajar pancasila

Abstract

Kurikulum Merdeka yang sudah mulai diterapkan di berbagai sekolah di Indonesia mengharuskan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang terlepas dari kegiatan intrakulikuler. Salah satu tema yang diusung dalam projek tersebut adalah gaya hidup berkelanjutan. Tema ini sejalan dengan pendidikan untuk mewujudkan pengembangan berkelanjutan (Education for Sustainable Development). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan projek bertema gaya hidup berkelanjutan bertajuk “Merawat Daur Biogeokimia Bumi”. Projek ini cocok dilaksanakan oleh siswa Fase E (kelas 10 SMA) selama 70 jam pelajaran dan terdiri dari tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut yang sudah memenuhi elemen beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bernalar kritis, dan kreatif. Untuk selanjutnya, dapat dilakukan pengembangan modul yang lebih komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriandari, M., & Winata, H. (2021). Manajemen Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia. Competence: Journal of Management Studies, 15(1), 1-13.

Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58-69.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Karuniastuti, N. (2014). Teknologi Biopori untuk Mengurangi Banjir dan Tumpukan Sampah Organik. Jurnal Forum Teknologi, 4(2), 64.

Lestari, W. D., Yuhanna, W. L., & Lukitasari, M. (2020). Pengembangan Media Bio Pop-Up Book Terintegrasi Science, Environment, Technology, And Society (SETS) Pada Pembelajaran Biologi Materi Daur Biogeokimia. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(2), 130-139.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613-3625.

Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). Kepercayaan diri siswa pada pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 46-57.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7111-7120.

Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., ... & Lestari, I. D. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 185-191.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K., & Harjatanaya, T. (2022). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan

Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & Kusumaningrum, R. N. (2022). Penguatan Penyusunan Modul Proyek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 43-49.

Wina, W. (2022). Panduan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SMA (FASE E): Jejak Karbon, Jejak Kita di Bumi. Terra-nesia

Downloads

Published

2022-12-25

Issue

Section

Articles