Program go green in school: No plastic and greening
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v3i3.24010Keywords:
Peduli lingkungan, Pemanasan global, Sampah plastikAbstract
Pemanasan global dan sampah plastik yang meningkat perlu di tindak lanjuti agar lingkungan tetap terjaga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat suatu program peduli lingkungan misalnya program go green yang dapat diterapkan di manapun, terutama di sekolah. Program go green di sekolah adalah sebuah program yang mengajak warga sekolah untuk membentuk gaya hidup agar lebih peduli terhadap lingkungan dan melestarikan lingkungan. Penulisan artikel ini ditujukan untuk mengajak sekolah melaksanakan program go green yang tentunya dapat memberi dampak positif terhadap siswa dan lingkungan. Hasil analisis dari literatur menunjukkan bahwa program go green in school dapat terlaksana dengan baik apabila ada dukungan dari berbagai pihak, terutama keterlibatan kepala sekolah, guru, dan wali murid.
Downloads
References
Abidin, A. (2020). Menunggu rakyat bunuh diri. Yogyakarta: Basabasi
Afandi, R. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. Jurnal Pendidikan. Vol 2(1), 98-108.
Asroni, M., Djiwo, S., Setyawan, E. Y. (2018). Pengaruh model pisau pada mesin sampah botol plastik. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Ipteks, 1(1), 29-33
Bahrudin, M. D. F. (2017). Pelaksanaan program adiwiyata dalam mendukung pembentukan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri Pandeglang. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 25-37
Baro’ah, S & Qonita, S. M. (2020). Penanaman CiLi (cinta lingkungan) pada siswa melalui program lingkungan sekolah tanpa sampah plastik. Jurnal Pancar, 4(1), 11-16
Harahap, R. Z. (2015). Etika Islam dalam Mengelola Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 1-13
Hidayat, A. (2015). Pendidikan islam dan lingkungan hidup. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 373-389
Imamah, Y. H., et al. (2022). Integrasi pendidikan islam dan pendidikan lingkungan hidup. Jurnal Mubtadiin, 8(1), 13-36
Lesmana, R. (2019). Pengembangan gerakan go green di sekolah dalam meningkatkan nasionalisme (Studi Di SMP Negeri 2 Dawuan Kabupaten Subang). Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Vol 5(1): 58-79
Niman, E. M. (2019). Kearifan lokal dan upaya pelestarian lingkungan alam. Jurnal pendidikan dan kebudayaan Missio, 11(1), 91-106
Oktavia, N. A., Karuniadi, A. R., Pratiwi, S., & Santoso, A. I. (2022). Kegiatan Penanaman Pohon di Lingkungan Kampus II Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dalam Rangka Mengurangi Resiko Banjir: Tree Planting Activities in Campus II Universitas Muhammadiyah Palangka Raya in Order to Reduce Flood Risk. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(5), 672-678.
Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2018). Implementasi program sekolah adiwiyata dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122-132
Putra, H. P., & Yuriandala, Y. (2010). Studi pemanfaatan sampah plastik menjadi produk dan jasa kreatif. Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan, 2(1), 21-31
Setyobudiarso, H., Yuwono, E., & Ma’ruf, A. (2020). Kegiatan Penghijauan Di Pesisir Watu Later Dusun Rawatrate, Desa Sitiarjo, Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Ipteks, 3(2), 48-53.
Tahu, F. (2020). Kearifan lokal hamis batar dan asal usul suku manehitu fafiur. Indramayu: Adanu Abimata
Wadu, L. B., Ladamay, I., & Fitriya, N. (2020). Penguatan Keterlibatan Warga Negara Dalam Pembangunan Berkelanjutan Melalui Program Go Green. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 41-50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Shofi Tamala, Najma Husna Hanifah, Kirana Zahrani, Sellindra Tanisa Galuh, Findo Bayu Adji, H. Husamah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.