Meningkatkan hasil belajar membaca descriptive text melalui blended learning dengan Google classroom pada siswa Kelas X SMA Qur’an Insan Pratama

Authors

  • H. Hasyatun SMA Qur’an Insan Pratama, Tangerang, Banten

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v3i2.24040

Keywords:

Blended learning, Descriptive text, Hasil belajar, Google classroom

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris peserta didik kelas sepuluh SMA Qur’an Insan Pratama melalui blended learning dengan menggunakan aplikasi google classroom. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus pembelajaran dalam tiga bulan terhadap 36 peserta didik. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan tatap muka. Ada empat aktivitas yang dilakukan dalam setiap pertemuan tersebut antara lain; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dari penelitian tindakan kelas ini adalah melalui observasi yang dilakukan oleh kolaborator. Analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ini dapat disimpulkan sebagai berikut: persentase peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 pada siklus pertama adalah hanya 25%. Hal ini meningkat tajam pada siklus kedua, peserta didik yang mencapai KKM yaitu mencapai 94,4%. Dengan demikian dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penerapan blended learning dengan menggunakan google classroom peserta didik kelas sepuluh SMA Qur’an Insan Pratama tahun pelajaran 2020/2021 bisa meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Panjaitan, R. G. P., & Marlina, R. (2015). Respon Siswa Terhadap Media E-Comic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 1–12.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.

Fitri Emria et al.2016. Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Volume 2 Nomor 2 Juni 2016. Hal 84-92. p-ISSN: 2443-2202 e-ISSN: 2477-2518

Nurmasyitah, P. (2018). Jurnal Benchmarking Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Prosedur Melalui Media Pyramid Concept Di Kelas X-5 Smpn 3 Galang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 53– 60.

Soni et al. 2018. Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SmkNegeri 1Bangkinang. Jurnal pengabdianuntuk Mu Negeri, Vol.2 No.1, Mei 2018.Issn : 2550-01.

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878.

Downloads

Published

2022-08-30

Issue

Section

Articles