Problem-based learning dengan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa Kelas VIII MTsN 1 Bener Meriah

Authors

  • Rizki Tarmulo Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jppg.v3i2.24042

Keywords:

Hasil belajar, Media audiovisual, Problem-based learning

Abstract

Tingkat keaktifan siswa yang rendah dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem-based learning dengan media audiovisual dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII.5 semester II tahun ajaran 2020/2021 di MTsN 1 Bener Meriah. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan dua siklus yang melibatkan 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Skor rerata pemahaman siswa tentang masalah Peraturan Perundang- Undangan Nasional, pada siklus pertama sebesar 7,01 % dan pada siklus kedua pada siklus kedua meningkat menjadi 7,80 % dan tergolong baik. Demikian juga tentang penuntasan belajar pada siklus pertama 74,82 % dan pada siklus kedua menjadi 89,96 %. Model PBL dapat memfasilitasi kemampuan siswa memecahkan masalah terkait  Peraturan Perundang-Undangan Nasional, sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angkowo , R. Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran Mempengaruhi Motivasi, Hasil Belajar Dan Kepribadian. Jakarta : Grasindo.

Baharudin ,A . Wahyuni, N. 2008.Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogyakarta : Ar Ruzz Media.

Dimyati. Mudjiono . 2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta. Djamarah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Faisal, S. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan . Surabaya : Usana Offset Printing.

Furchan, A. 2007.Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Gula, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Grasindo.

Hujair , A. H. 2009. Media Pembelajaran. Jogyakarta : Safiria Insania Press. Kasbolah, K. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya : Universitas Negeri Malang.

Kusnandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Bumi Aksara.

Kusumadewi, LF. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Seni Tari dengan Media AudioVisual dan Melalui Model Problem Based Learning. Semarang : UNS. Miarso, Y. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mulyanto, B. 2010. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS dengan Menggunakan Media Peta Pada Siswa Kelas V di SDN Bonomerto 2 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Semester II Tahun 2009/2010. Salatiga : UKSW.

Mulyasa .2009. Praktik Penelitian Tinadakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah ( Classroom Action Research).Jakarta : Bumi Aksara

Nana, S. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rasdakarya.

Pramuduaningrum, V. I. 2007. Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Materi Norma – Norma dalam Masyarakat Melalui Teknik Pembuatan dan Permaianan Kartu Norma pada Siswa Kelas VII SMP Stella Matutina Salatiga Tahun Pembelajaran 2007 – 2008. Salatiga : SMP Stella Matutina.

Sadiman, dkk . 2008. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Saptono, dkk. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Adaptif, Kooperatif, Aktif, dan Reflektif (Model Pakar). Salatiga : UKSW.

Silberman, M. 2010. Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Yappendis.

Slameto, dkk. 2011. Scholaria Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke- SD- an. Salatiga : Widya Sari Press.

Susiloningsih, H. 2010. Penggunaan Media Peta dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Kutowinangun 09 Salatiga Semester I Tahun Pelajaran 2009-2010. Salatiga : UKSW.

Warningsih , S. dkk. 2011. Inovasi pendidikan denagan pemanfaatan media audiovisual dalam pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 02 Tuntang Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Salatiga : UKSW.

Yuswanti, L. 2007.Media Audiovisual Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas VI SD Pewyatan Daha Kediri, PTK. Dinas Pendidikan Kota Kediri.

Zaini, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD.

Downloads

Published

2022-08-30

Issue

Section

Articles