Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik dengan Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.22219/jppg.v4i1.25479Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Problem Based Learning, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning dalam konsep materi mata pelajaran pendidikan pancasila untuk menyelesaikan permasalahan secara kontekstual dengan melakukan diskusi kelompok hingga menarik kesimpulan. Peserta didik yang memiliki sikap keterbukaan, empati, sikap positif, saling mendukung dan kesetaraan telah meningkatkan komunikasi interpersonalnya untuk menyampaikan gagasan, perasaan dan berbagai pengalaman dengan penuh percaya diri. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan mengkaji lebih dalam tentang kemampuan komunikasi interpersonal dengan Problem Based Learning peserta didik di kelas X SMA Negeri 7 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik secara signifikan. Hal ini diperkuat berdasarkan hasil data dari sikuls I ke siklus II dengan rata-rata persentase 81% peserta didik dinyatakan tuntas dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian diperlukannya memaksimalkan pembelajaran Problem Based Learning sebagai sarana meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik dalam upaya kesuksesan dalam kehidupan berkelanjutan.
Downloads
References
Aini, N. A., Syacruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan lkpd berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPA materi gaya. Jurnal Pendidikan Dasar 10(1), 68-76. https://doi.org/10.21009/JPD.010.07
Arfiyani, A., Aprinastuti, C., & Suyatini, MM (2021). Peningkatan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis siswa kelas 3 tema 6 subtema 2 melalui model pbl di sdi al umar ngargosoka. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3). https://jurnal.educ3.org/index.php
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan model pembelajaran pbl media audio visual terhadap hasil belajar ipa kelas iii sdn baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560
Aulia, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2018). Meningkatkan keterampilan komunikasi lisan melalui metode storytelling. Jurnal Manajerial, 17(1), 110-123. http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/
Aw, S. (2014). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran mata kuliah komunikasi interpersonal. Pendidikan Karakter, 5(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.5586
Awi, M. V., Mewengkang, N., & Golung, A. (2016). Peranan komunikasi antar pribadi dalam menciptakan harmonisasi keluarga di desa kimaam kabupaten merauke. Dalam Acta Diurna, 5(2).
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan lkpd matematika berbasis problem based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan e-lkpd berbasis android dengan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1957–1970. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.718
Hamia, H. (2021). Keterampilan komunikasi peserta didik : studi kasus pada pembelajaran biologi di sma negeri 1 sidrap. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19226
Hendriyani., I. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran predict observe explain (poe) dengan media lembar kerja peserta didik terhadap keterampilan proses sains siswa kelas xi materi kesetimbangan di sman 2 labuapi tahun ajaran 2017/2018. http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10684
Hermawan, A., & Susanti, E. (2022). Optimalisasi peningkatan organizational citizenship behavior (ocb) melalui penguatan kepribadian, komunikasi interpersonal, dan keadilan organisasi. Jurnal pendidikan dan ilmu matematika indonesia, 3(3), 2715–2985. https://doi.org/10.30596%2Fijems.v3i3.12105
Kiranadewi, D. F., % Hardini, A. T. A. (2021). Perbandingan efektivitas model pembelajaran problem based learning dengan model problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran ppkn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860
Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ppkn. Dalam Jurnal Civics: Media kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10-22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55. http://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Minarsi, M., Nirwana, H., & Syukur, Y. (2017). Kontribusi motivasi menyelesaikan masalah dan komunikasi interpersonal terhadap strategi pemecahan masalah siswa sekolah menengah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 1–14. https://doi.org/10.29210/02017113
Nabila, F., & Supratman, L. P. (2021). Komunikasi interpersonal tentang pembentukan konsep diri remaja pada korban perundungan. eProceedings of Management, 8(6).
Naikofi, WU, Enawaty, E., Sartika, RP, Sahputra, R., & Muharini, R. (2022). Pengembangan elektronik lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning pada materi perubahan materi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5 (3), 212-220. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i3.1707
Nasri, R., & Jamaan, E. Z. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik smp. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(1), 140–148. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12051
Padilah, R., Firmansyah, F., & Destini, R. (2021). Pengembangan lkpd berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i2.3148
Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh youtube di smartphone terhadap perkembangan kemampuan komunikasi interpersonal anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2). https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589
Rahmawati, E., & Farozin, M. (2019). Peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal melalui teknik diskusi kelompok pada siswa kelas viii smp negeri 1 wates dan smp negeri 3 wates yogyakarta. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(2), 236-246. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v19i2.5035
Rahmawati, S. N., Yuliejantiningsih, Y., & Lestari, F. W. (2022). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas xi mipa sma n 2 rembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 6046-6051. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7655
Risfalidah, R., Rosidin, U., & Sutiarso, S. (2019). Pengembangan lkpd berbasis problem based learning ditinjau dari disposisi dan kemampuan komunikasi matematis. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). 12(2), 271-283. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20065
Rokhmah, L., Gulӧ, F., & Edi, R. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) interaktif berbasis komputer untuk pembelajaran sistem periodik unsur kelas x sma. In Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 (Vol. 1, pp. 338-347).
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan video based laboratory terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika. JPP (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar, 6(2), 57-64. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2.5725
Siamian, H., BagheriNesami, M., Nia, R., Nezhad, F., Akbari, H., Balaghafari, A., & Vahdei, M. (2014). Assessment of interpersonal communication skills among sari health centers’ staff. Materia Socio Medica, 26(5), 324. https://doi.org/10.5455/msm.2014.26.324-328
Suhanti, I. Y., Puspitasari, D. N., & Noorrizky, R. D. (2020). Keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa um. In Seminar Nasional Psikologi Klinis (pp. 37-39).
Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem based learning sebagai upaya peningkatan pemahaman konsep matematis mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 15-19. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v6i1.815
Yanti, A. H. (2017). Penerapan model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2). https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.3696
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novia Rista Kurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.