Penerapan Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Di SMA Negeri 1 Jiwan Madiun

Authors

  • Suharno Suharno SMAN 1 Jiwan

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.10107

Keywords:

Model pembelajaran terarah, hasil belajar PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pengajaran terarah untuk meningkatkan hasil belajar PPKn di  SMA Negeri 1 Jiwan Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian yang dirancang dengan  rancangan penelitian tindakan kelas. Tujuan utama penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, bukan untuk menghasilkan pengetahuan. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian nini adalah siswa kelas XI-MIPA 1 SMA Negeri 1 Jiwan  Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 36 orang siswa. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan nilai rata-rata. Pada siklus I nilai rata-rata PPKn sebesar 68,53 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76, serta  pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 88,67. Hal ini membuktikan bahwa, penerapan model pengajaran terarah dapat meningkatkan hasil belajar siswa  kelas XI-MIPA 1 SMA Negeri 1 Jiwan  Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimanyu, Soli. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikian nasional.

Agustini. Tini. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas XI Boga 4 SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal IKA, 16 (2) Hal 98-105.

Alitonang, Muhammad. (2014). Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dapat Meningkatkan Prestasi Pemahaman Pelajaran PKn Tentang Nilai Perjuangan Yang Dirumuskan Dalam Pancasila Pada Kelas VI SDN 026 Tambusai Desa Sukamaju 2012/2013. Edu Research: Jurnal Pendidikan, 3 (2) Hal 125-132.

Anonim. (2002). Kurikulum dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Mata Pelajaran. Pusat Kurikulum, Balibang, Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Arka, I Made. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Journal of Education Action Research, 4 (2) Hal 212-218.

Damanhuri. (2019). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI SDN Karangpanasan Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. Interaksi, 14 (2) Hal 90-99.

Depdiknas. (2003). Garis-Garis Besar Program Pengajaran Mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Depdikbud.

Dewi, Elok Kristina dan Jatiningsih, Oksiana. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI Di SMAN 22 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2 (3) Hal 936-950.

Fauzi, Ach. (2017). Penggunaan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Untuk Meningkatkan Prestasi belajar PAI. SUBULANA: Jurnal Hasil Kajian, Pemikiran Bidang Pendidikan dan Keislaman, 1(1) Hal 91-113.

Hamzah, Amir. (2018). Penggunaan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII MA Al Khatibiyah Modung Bangkalan 2017/2018. SUBULANA: Jurnal Hasil Kajian, Pemikiran Bidang Pendidikan dan Keislaman, 2 (1) Hal 1-21.

Hartono. (2004). Pengembangan Model Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Siswa SMU. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20 (1) Hal

I Ketut, Merta. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Skripsi Tidak Diterbitkan http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/752/

Idianto. M. (2002). Pendidikan kewarganegaraan (PPKn) Untuk kelas X SMA dan Sederajat. Jakarta: Erlangga.

Ismiyati. (2015). Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar PPKn Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Gendangsari - Gunungkidul Melelui Pembelajaran Group Investigation. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5 (1) Hal 39-56.

Jusup, Lisna. (2014). Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa PAda Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi tidak diterbitkan https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412310/metode-belajar-aktif-model-pengajaran-terarah-dalam-meningkatkan-prestasi-belajar-siswa-pada-pelajaran-ips-kelas-iv-sdn-105-kota-utara-kota-gorontalo.html

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Laksana, Guruh Untung & Setiawan, Paulus Andi. (2020). Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas 11 SMA Stella Maris BSD. Jurnal Pelita Bumi Pertiwi, 4 (1) Hal 31-38.

Lutfiana, R.F., Widodo Rohmad., dan Latifah. (2019). Penggunaan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MAN Kota Batu. Jurnal Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4 (2) Hal 138-144.

Majid, Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: P.T. Remaja Rosdakarya.

Nur, Mohamad. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa.

Nuriana. (2017). Penerapan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 098 Pidoli. Jurnal Sekolah, 1 (4) Hal 75-81.

Rahim, Abdul & Sunarso. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi belajar PPKn di SMP. Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 14 (2) Hal 1-12.

Ritonga, Hafsah. (2018). Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Pemahaman Pelajaran PAI Pada Siswa Kelas I SD Negeri 200403 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (1) Hal 39-46.

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Santi, Eli. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Materi Membuat Benda Konstruksi Melalui Model Explicit Instruction. Journal of Elementary Education, 3 (2) Hal 34-41.

Sudiarsana, I Wayan. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Journal of Action Research, 4 (2) Hal 198-204.

Sukaryo, Agus. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif Kompetensi Engine 2 Dan 4 Langkah Melalui Model Pengajaran Terarah. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 19 (2) hal 57-66.

Utami, Christina Dwi Kartika Budi. (2019). Pengaruh Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Perjuangan Melawan Penjajah Pada Siswa Kelas V SDN Bringinbendo 2 Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Refleksi Pembelajaran, 4 (1) Hal 14-22.

Wiriaatmaja, Rochiati. (2006) Metode Penelitian Tindakan Kelas, P.T. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Yulianti, Maria. (2018). Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa SMP Negeri 3 Teluk Kuantan. Jurnal PAJAR: Penelitian dan Pengajaran, 2 (5) Hal 789-794

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Suharno, S. (2020). Penerapan Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Di SMA Negeri 1 Jiwan Madiun. Jurnal Civic Hukum, 5(1), 111–123. https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.10107

Issue

Section

Articles