Dampak Potensial Penggunaan Buku Ajar Pendidikan Demokrasi Berbasis Nilai Dalam Mengembangkan Sikap Demokratis Mahasiswa

Authors

  • Puspa Dianti Program Studi PPKn FKIP Unsri
  • Sri Artati Waluyati FKIP PPKn Unsri
  • husnul fatihah FKIP PPKn Unsri

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.10493

Keywords:

Dampak Potensial, Buku Ajar, Sikap Demokratis

Abstract

Suatu proses pembelajaran diharapkan dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan tersebut dapat berupa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tercapainya tujuan pembelajaran didukung oleh banyak hal.salah satunya adalah penggunaan buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak potensial penggunaan buku ajar berbasis nilai pada Mata Kuliah Pendidikan Demokrasi dalam mengembangkan sikap demokratis mahasiswa. Buku ajar yang digunakan telah dikembangkan dengan berbasis nilai yang diharapkan dapat membentuk sikap demokratis mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil data tes dan observasi menunjukkan bahwa buku ajar Pendidikan Demokrasi berbasis nilai efektif dalam mengembangkan sikap demokratis mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Aulawi & Srinawati. (2019). Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pengambilan keputusan organisasi untuk meningkatkan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMK Darus Syifa Kota Cilegon. Jurnal Pro Patria. Volume 2. No.1

Azra,A. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Demokratis di Indonesia (https://media.neliti.com/media/publication/-pendidikan-kewarganegaraan-untuk-demokrasi-di.pdf. Diakses pada 04 Agustus 2019.

Adler, Patricia A., adler Petter. (1987). MembershipRoles in Field Research. Newbury Park, CA: Sage Publication.

Chayati, Nur dkk. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Sikap Demokratis di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Jurnal pendidikan Ilmu Sosial. Vol. 25 No. 2.

Cholisin. (2005). Pengembangan paradigma baru Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education) dalam praktek pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi. Makalah disajikan dalam Training of Trainers (ToT) Nasional Guru Mata Pelajaran PKn, di Asrama Haji Surabaya. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131 474282/penelitian/PARADIGMA+B ARU+ PKN_0.pdf. Diunduh tanggal 30 Oktober 2017

Dalton, Russel.J. (2007). Understanding democracy: data from Unlikely Places. Journal of Democracy Volume 18, Number 4.

Fadhilah, & Nuraina. (2011). Penerapan demokrasi di lingkungan gerakan mahasiswa UNISMA Bekasi. Jurnal Kybernan, 2 (2) Hal

Gunarsi dkk. (2014). Pelaksanaan Nilai Demokrasi di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol. 24 No. 2.

Kemendiknas. (2010). Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta.

Kemendiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta.

Mufidah, Aktinatun. (2016). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Geografi Pada Materi Dinamika Hidrosfer Dan Dampaknya Bagi Kehidupan Di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Gedangan. Swara Bhumi, 1 (1) Hal 32-38.

Morris, W. (1973). The American Haritage Dictionary of English Language. Boston:Hougthon Miffin

Muhibbin, Ahmad & Sumadjoko, Bambang. (2016). Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Isu-isu Kontroversial Di Media Massa Untuk Meningkatkan Sikap Demokrasi Mahasiswa dan Implikasinya Bagi Masyarakat Madani. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26 (1) Hal 1- 10.

Nurdyansyah & Lestari, Renti Pujiana. (2018). Pembiasaan Karakter Islam Dalam Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jawa Piwulang 5 Pengalamanku Kelas I MI Nurur Rohmah Jasem Sidoarjo. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1 (2) Hal 35-49.

Ranjabar, Jacobus. (2019). Sistem Politik Indonesi. Demokrasi dan pendidikan Politik. Bandung: Alfabeta.

Rodiyana, Roni. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5 (1) Hal 8-18.

Sinal, M. (2017). Pancasila Konsensus Negara-Bangsa Indonesia. Malang: Madani.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; CV. Alfabeta;

Suyanto dan Abbas. (2001). Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Suacana. I Wayan Gede. (2015). Nilai-nilai dan parameter demokrasi dalam Kehidupan Masyarakat di Bali.Jurnal Kajian Bali. Vol. 05 No.01.

Sudijono, Anas. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suciati dan Prasetya Irawan. (2001). Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU-PPAI. Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry. G dan Tarigan, Djoyo. (1986). Telaah buku teks bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa

Ulfah, Risti Aulia; Prasetyo, Danang & Marzuki. (2018). Pengaruh Model Pbm Dalam Pembelajaran Ppkn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Demokratis. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6 (2) Hal 126-139.

Winkel, W.S. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Wahab dan Sapriya. (2011).Teori dan Landasan pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Widjaja, A.W. (1986). Manusia Indonesia Individu Keluarga, dan Masyarakat. Jakarta: Akademika Pressindo.

Webb,E,.J.,dkk. (1996). UnobtrusiveMeasures Non Reactive Research in the Social Science. Chicago: Rand Mc Nally.

Yuniarto, Bambang. (2018). Pendidikan Demokrasi dan Budaya Demokrasi Konstitusional. Yogyakarta: Deepublish

Zuriah, Nurul. (2008). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Zamroni. (2001). Pendidikan untuk Demokrasi. Yogyakarta:Bigraf Publising.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Dianti, P., Waluyati, S. A., & fatihah, husnul. (2020). Dampak Potensial Penggunaan Buku Ajar Pendidikan Demokrasi Berbasis Nilai Dalam Mengembangkan Sikap Demokratis Mahasiswa. Jurnal Civic Hukum, 5(1), 75–85. https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.10493

Issue

Section

Articles