Strategi Oded-Yana Dalam Memenangkan Suara Pemuda Pada Pilwakot Bandung 2018

Authors

  • Mohammad Fazrulzaman Azmi Padjadjaran University
  • Mudiyati R
  • Caroline Pascalina

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.10761

Keywords:

Strategi, Pemuda, Pemilu

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan strategi Oded-Yana dalam memenangkan suara pemuda pada Pilwalkot Bandung 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Oded-Yana memenangkan suara pemuda dengan menarik perhatian mereka melalui program Youth Space dan Co Working Space, menggunakan narasi hijrah dan memanfaatkan insentif politik dari Ridwan Kamil dan Asyik (Ajat-Syaikhu), serta melakukan kampanye berbasis media sosial dan internet. Setelah itu, Oded-Yana mengunjungi tempat berkumpulnya pemuda dan menggunakan metode peer to peer. Pada prosesnya Oded-Yana membagi segmen pemuda, kemudian mengunjungi mereka atau menerapkan strategi kampanye door to door, serta membangun kesepahaman bersama. Selanjutnya, Oded-Yana terhubung dengan pemuda dengan mengoptimalkan fungsi media center dan sekretariat, serta meningkatkan koneksi dengan pemuda melalui optimalisasi jaringan. Kemudian, Oded-Yana membentuk relawan, serta memberi mereka tanggungjawab dan menjadikannya pemimpin kampanye, seperti halnya Relawan Boy Band (Balad Oded-Yana untuk Bandung) dengan program Ruko dan Nobar. Selain itu, Oded-Yana menggunakan musik dan budaya dengan memberdayakan komunitas, seperti halnya KPJ (Komunitas Penyanyi Jalanan). Dengan demikian, Oded-Yana melakukan berbagai cara untuk memenangkan suara pemuda, namun pendekatan utama yang digunakan adalah menemui simpul-simpul tokoh pemuda, serta membangun kontrak politik dengannya, sehingga mereka mau berkomitmen untuk mendukung kandidat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ali, H., & Purwandi, L. (2017). The Urban Middle-Class Millenials Indonesia: Financial and Online Behavior. Jakarta: PT. Alvara Strategi Indonesia.

Blodget, J., & Lofy, Bill. (2008). Winning Your Election The Wellstone Way: A Comprehensive Guide for Candidates & Campaign Workers. London: University of Minnesota Press.

Budiana, M. (2019). Strategi Pemenangan Politik PDI Perjuangan dalam Mempertahankan Basis Konstituen di Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus di Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Subang) [Disertasi]. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Bungin, M. B. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Cangara, Hafied. (2009). Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chandra, Ery. (2018). Nurul-Ruli Bakal Sasar Kaum Milenial Bandung. (online) http://jabar.tribunnews.com/2018/02/14/nurul-ruli-bakal-sasar--kaum-milenial-bandung diakses 14 april 2018

Clausewitz, Carl Von. (1984). On War. New Jersey: Princeton University Press.

Fatonah, Siti. 2019. DPT di Bandung Capai 1,7 Juta, 30 Persennya Milenial. (online) https://www.jawapos.com/jpg-today/12/02/2019/dpt-di-bandung-capai-17-juta-30-persennya-kaum-milenial/ diakses tanggal 12 februari 2019.

Firmanzah. (2008). Marketing Politik Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Firmanzah. (2012). Marketing Politik Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Fitrah, Sony. (2017). Oded Bidik Pemilih Pemula. (online) http://www.rmoljabar.com/read/2017/09/07/53539/Oded-Bidik-Pemilih-Pemula- diakses tanggal 7 september 2017.

Gatara, A A Sahid. (2009). Ilmu Politik Memahami dan Menerapkan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Lilleker. (2003). Political Marketing: The Cause of an Emerging Democratic Deficit in Britain?. Dipresentasikan pada Political Studies Conference: University of Leicester.

Maruf, Irfan. (2018). LIPI: Swing Voters Pemilu 2019 Didominasi Pemilih Muda. (online) https://www.inews.id/news/nasional/lipi-swing-voters-pemilu-2019-didominasi-pemilih-muda/288333 diakses tanggal 21 oktober 2018.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Napir, Suaib. (2016). Strategi Pemenangan Fahmi Massiara-Lukman dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2015 di Kabupaten Majene”. The POLITICS: Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 149-159.

Nugraha, A R., Sjarifah, N A., & Budiana, H R. (2013). “Perilaku Komunikasi Politik Pemilih Pemula di Pilkada Kabupaten Bandung”. Jurnal Komunikasi, 102-113.

Porter, Micahel E. (1998). Strategi Bersaing. Penterjemah Sigit Suryanto. Jakarta: Karisma Publishing Group.

Prihatmoko, J. J. (2005). Pemilihan Kepala Daerah Langsung: Filosofi, Sistem, dan Problem Penerapan di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robson, W. A. (1954). The University Teaching of Social Science: Political Science. Paris: UNESCO.

Schroder, Peter. (2013). Strategi Politik. Jakarta: Friedrich-Naumann-Stiftung Fue die Freiheit.

Sugiarto, B., Pratiwi, O. C., & Akbar, A. A. (2014). “Strategi Pemenangan dalam Pemilihan Kepala Daerah”. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 143-151.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Yedi. 2018. Yossi Fokus Ekonomi Kreatif, Aries Garap Generasi Milenial. (online) http://www.pikiran-rakyat.com/bandung- raya/2018/03/07/yossi-janji-fokus-ekonomi-kreatif-aries-garap-generasi-milenial-420853 diakses 3 april 2019

Suryabrata, S. (1987). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Strauss, A., & Corbin, J. (2009). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif: Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tutik, T. T. (2006). Pemilihan Kepala Daerah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 dalam Sistem Pemilu Menurut UUD 1945. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

University., The Goeorge Washington. (2007). Young Voter Mobilization Tactics. Washington DC: The Goerge Washington University Graduate School of Political Management.

Yuniar, Nanien. (2014). Pemilih Pemula Usia 17-30 Tahun 30 Persen Total Pemilih Indonesia. (online) https://antaranews.com/berita/427032/pemilih-pemula-usia-17-30-tahun-30-persen-total-pemilih-indonesia diakses 31 maret 2018

Zamora, A E. (2015). “Strategi Pemenangan Pasangan Khamamik-Ismail Ishak dalam Pilkada Mesuji Tahun 2011”. Journal of Politic and Government Studies, 186-200.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Azmi, M. F., R, M., & Pascalina, C. (2020). Strategi Oded-Yana Dalam Memenangkan Suara Pemuda Pada Pilwakot Bandung 2018. Jurnal Civic Hukum, 5(1), 34–61. https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.10761

Issue

Section

Articles