Strategi Oded-Yana Dalam Memenangkan Suara Pemuda Pada Pilwakot Bandung 2018
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.10761Keywords:
Strategi, Pemuda, PemiluAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan strategi Oded-Yana dalam memenangkan suara pemuda pada Pilwalkot Bandung 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Oded-Yana memenangkan suara pemuda dengan menarik perhatian mereka melalui program Youth Space dan Co Working Space, menggunakan narasi hijrah dan memanfaatkan insentif politik dari Ridwan Kamil dan Asyik (Ajat-Syaikhu), serta melakukan kampanye berbasis media sosial dan internet. Setelah itu, Oded-Yana mengunjungi tempat berkumpulnya pemuda dan menggunakan metode peer to peer. Pada prosesnya Oded-Yana membagi segmen pemuda, kemudian mengunjungi mereka atau menerapkan strategi kampanye door to door, serta membangun kesepahaman bersama. Selanjutnya, Oded-Yana terhubung dengan pemuda dengan mengoptimalkan fungsi media center dan sekretariat, serta meningkatkan koneksi dengan pemuda melalui optimalisasi jaringan. Kemudian, Oded-Yana membentuk relawan, serta memberi mereka tanggungjawab dan menjadikannya pemimpin kampanye, seperti halnya Relawan Boy Band (Balad Oded-Yana untuk Bandung) dengan program Ruko dan Nobar. Selain itu, Oded-Yana menggunakan musik dan budaya dengan memberdayakan komunitas, seperti halnya KPJ (Komunitas Penyanyi Jalanan). Dengan demikian, Oded-Yana melakukan berbagai cara untuk memenangkan suara pemuda, namun pendekatan utama yang digunakan adalah menemui simpul-simpul tokoh pemuda, serta membangun kontrak politik dengannya, sehingga mereka mau berkomitmen untuk mendukung kandidat.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ali, H., & Purwandi, L. (2017). The Urban Middle-Class Millenials Indonesia: Financial and Online Behavior. Jakarta: PT. Alvara Strategi Indonesia.
Blodget, J., & Lofy, Bill. (2008). Winning Your Election The Wellstone Way: A Comprehensive Guide for Candidates & Campaign Workers. London: University of Minnesota Press.
Budiana, M. (2019). Strategi Pemenangan Politik PDI Perjuangan dalam Mempertahankan Basis Konstituen di Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus di Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Subang) [Disertasi]. Bandung: Universitas Padjadjaran.
Bungin, M. B. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Cangara, Hafied. (2009). Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chandra, Ery. (2018). Nurul-Ruli Bakal Sasar Kaum Milenial Bandung. (online) http://jabar.tribunnews.com/2018/02/14/nurul-ruli-bakal-sasar--kaum-milenial-bandung diakses 14 april 2018
Clausewitz, Carl Von. (1984). On War. New Jersey: Princeton University Press.
Fatonah, Siti. 2019. DPT di Bandung Capai 1,7 Juta, 30 Persennya Milenial. (online) https://www.jawapos.com/jpg-today/12/02/2019/dpt-di-bandung-capai-17-juta-30-persennya-kaum-milenial/ diakses tanggal 12 februari 2019.
Firmanzah. (2008). Marketing Politik Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Firmanzah. (2012). Marketing Politik Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Fitrah, Sony. (2017). Oded Bidik Pemilih Pemula. (online) http://www.rmoljabar.com/read/2017/09/07/53539/Oded-Bidik-Pemilih-Pemula- diakses tanggal 7 september 2017.
Gatara, A A Sahid. (2009). Ilmu Politik Memahami dan Menerapkan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Lilleker. (2003). Political Marketing: The Cause of an Emerging Democratic Deficit in Britain?. Dipresentasikan pada Political Studies Conference: University of Leicester.
Maruf, Irfan. (2018). LIPI: Swing Voters Pemilu 2019 Didominasi Pemilih Muda. (online) https://www.inews.id/news/nasional/lipi-swing-voters-pemilu-2019-didominasi-pemilih-muda/288333 diakses tanggal 21 oktober 2018.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Napir, Suaib. (2016). Strategi Pemenangan Fahmi Massiara-Lukman dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2015 di Kabupaten Majene”. The POLITICS: Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 149-159.
Nugraha, A R., Sjarifah, N A., & Budiana, H R. (2013). “Perilaku Komunikasi Politik Pemilih Pemula di Pilkada Kabupaten Bandung”. Jurnal Komunikasi, 102-113.
Porter, Micahel E. (1998). Strategi Bersaing. Penterjemah Sigit Suryanto. Jakarta: Karisma Publishing Group.
Prihatmoko, J. J. (2005). Pemilihan Kepala Daerah Langsung: Filosofi, Sistem, dan Problem Penerapan di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Robson, W. A. (1954). The University Teaching of Social Science: Political Science. Paris: UNESCO.
Schroder, Peter. (2013). Strategi Politik. Jakarta: Friedrich-Naumann-Stiftung Fue die Freiheit.
Sugiarto, B., Pratiwi, O. C., & Akbar, A. A. (2014). “Strategi Pemenangan dalam Pemilihan Kepala Daerah”. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 143-151.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, Yedi. 2018. Yossi Fokus Ekonomi Kreatif, Aries Garap Generasi Milenial. (online) http://www.pikiran-rakyat.com/bandung- raya/2018/03/07/yossi-janji-fokus-ekonomi-kreatif-aries-garap-generasi-milenial-420853 diakses 3 april 2019
Suryabrata, S. (1987). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.
Strauss, A., & Corbin, J. (2009). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif: Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tutik, T. T. (2006). Pemilihan Kepala Daerah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 dalam Sistem Pemilu Menurut UUD 1945. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
University., The Goeorge Washington. (2007). Young Voter Mobilization Tactics. Washington DC: The Goerge Washington University Graduate School of Political Management.
Yuniar, Nanien. (2014). Pemilih Pemula Usia 17-30 Tahun 30 Persen Total Pemilih Indonesia. (online) https://antaranews.com/berita/427032/pemilih-pemula-usia-17-30-tahun-30-persen-total-pemilih-indonesia diakses 31 maret 2018
Zamora, A E. (2015). “Strategi Pemenangan Pasangan Khamamik-Ismail Ishak dalam Pilkada Mesuji Tahun 2011”. Journal of Politic and Government Studies, 186-200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)