Implementasi Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Authors

  • Zaenul Slam UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.11117

Keywords:

jigsaw, keterampilan kolaborasi, PPKn

Abstract

Dalam praktik pembelajaran di kelas, banyak guru  menggunakan  metode dan suasana pembelajaran yang   dianalogikan dengan kegiatan menabung dan  sistem kompetisi, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan  pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan keterampilan  kolaborasi peserta didik  dalam  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas   dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.  Tahapan dalam penelitian ini, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Data  penelitian diperoleh  menggunakan instrumen monitoring   kegiatan guru dan instrumen  monitoring  kegiatan peserta didik.  Hasil penelitian penerapan pembelajaran jigsaw dalam PPKn  mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik, yaitu:  pada siklus I diperoleh katagori cukup(58%) dan siklus II  diperoleh katagori baik(78%).   Penerapan model  ini juga  mampu  mengembangkan  suasana pembelajaran  yang kolaboratif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanto dan Budimansyah. (2013). Memahami Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Seni Gamelan Sunda. Jurnal Penelitian Pendidikan Karakter, 2 (1), 1-7.

Anggis, E.V. (2016). Penerapan Model Kooperatif Jigsaw berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Kognitif. Proceeding Biology Education Conference, 13 (1), 493-497

Binkley, M. at al, (2012). Defining twenty-first century skills: Assesment and Teaching of 21st Century Skills. Dordrecht: Springer. (Online) 17-66 https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-94-007-2324-5_2 diakses 18 Sepetember 2020

Cohen, L. et al. (2007). Research Methods In Education. London: Routledge.

Darmadi, H. (2013). Dimensi- Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial: KonsepDasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.Yogyakarta: Gavameda

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas

Elyawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tife Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Cikijing III Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Jurnal Cakrawala Pendas, 4 (1). 67-73

Fitriani, D. at al. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah. 7(3), 77-87

Iryani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI SMK Negeri 2 Ciamis. Jurnal Pengembangan Profesi, 9 (5), 63-80.

Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Jannah, R. at al., (2019). Penerapan Model Cooperative Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP. Jurnal FKIP Untan Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, (Online), 19 (4): 1-9, https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/40473/75676585795 diakses 15 Januari 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2015). Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemdikbud

Moleong, Lexy (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Redhana I.W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13 (1), 2239 – 2253,

Rusman (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Pers

Shoimin, Aris (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Slam, Zaenul. (2010). Penerapan Model Cooperative Learning Dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal KKPS NEWS. 1(4), 28-44

Slam, Zaenul. (2014). Pengembangan Karakter Kerjasama Berdasarkan Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Disertasi Tidak Diterbitkan. Bandung : Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia

Slam, Zaenul. (2015). Profesional Learning Untuk Indonesia Emas. Pembelajaran Gotong Royong Inovatif Berbasis Soft Skill Dan Hard Skill Untuk Mewujudkan Indonesia Emas. Menerbitkan Proceeding Seminar Nasional (Hlm 127-139). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Slam, Zaenul. (2020). Menatap Wajah Pendidikan Indonesia Di Era 4.0:Pedagogik Transformatif “Merdeka Belajar” Ki Hajar Dewantoro (Hendri Gunawan). Serang: Desanta Muliavisitama

Taryono, (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa SMP. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 4 (1), 89-105,

Widodo, SA. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Pembelajaran Kolaboratif Tipe Jigsaw.Jurnal Prisma, 8 (2). 111- 123

Winataputra (2012). Transformasi Nilai-Nilai Kebangsaan Untuk memperkokoh Jati Diri Bangsa Indonesia: Suatu Pendekatan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: CV Maulana Media Grafika

Downloads

Published

2020-11-17

How to Cite

Slam, Z. (2020). Implementasi Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Civic Hukum, 5(2), 125–135. https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.11117