Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Di SMAN 1 Pacet

Authors

  • Rini Setiyowati Universitas Sriwijaya
  • Moh. Wahyu Kurniawan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rohmad Widodo

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.11151

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PPKn, Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pacet Kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2016/2017 kelas X semester satu. Desain penelitian berupa Pretest-posttest control group design. Subjek penelitian/responden terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 33 orang kelas eksperimen 1, 34 orang kelas eksperimen 2, dan 31 kelas kontrol, hal ini didasarkan kelas tersebut memiliki tingkat kognitif yang sama, sehingga total populasi berjumlah 98 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui hasil belajar PPKn dan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn dengan hasil signifikasi sebesar 10,933 lebih besar dari 3,09; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn dengan hasil signifikasi sebesar 32,737 lebih besar dari 3,09; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn dengan hasil signifikasi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05); dan (4) terdapat model yang paling efektif dalam pembelajaran PPKn yaitu model pembelajaran berbasis masalah ditujukkan dengan hasil gain score motivasi belajar sebesar 0.35 dalam kategori sedang dan didukung hasil gain score pada hasil belajar siswa sebesar 0.37 dalam kategori sedang, sedangkan model pembelajaran inquiri dan model konvensional masuk dalam kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rini Setiyowati, Universitas Sriwijaya

Ilmu Alat Pengabdian

References

Aditiya, F. (2012)._Peningkatan_aktivitasdan_hasil.belajar>siswa melalui>model pembelajaran problem based learning (PBL). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang..

Amin, K. (2011). Pengaruh motivasi belajar dan kegiatan belajar siswa terhadap kecakapan hidup siswa. Edisi Khusus. No. 1, ISSN 1412-565X, 120-126.

Atwi, M. S. (2014). Desain intruksional modern panduan para pengajar dan inovator pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Chen, W.H. (2013). Applying_problem-based_learning_model_and creative_design_to_conic-sections_teaching. International_Journal_Of Education_And_Information Technologies._7 (3), 73-80.

Dionysius. 2010. Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan metode demonstrasi dan diskusi ditinjau dari konsep diri siswa. Tesis tidak diterbitkan, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Echavarria, M.V. (2010). Problem-based learning application in engineerin: Escuela de Ingeniería de Antioquia, Medellín (Colombia). 14, 85-95.

Erman. (2003). Evaluasi pembelajaran matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Etherington, M. B. (2011). Investigative Primary Science: A Problem-based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education, 36 (9), 53-74.

Forsythe, F. (2002). Problem-based learning 2nd (rev. ed). UK: University of Ulster.

Glynn, S.M., Aultman, L.P., & Owens, A.M. (2005). Motivation to learn in general education programs. The Journal of General Education, 54 (2), 150-170.

Hake, R.R. (1999). Analyzing change/gain scores. Artikel. (online) http://www.physics.indiana.edu/~sdi/ AnalyzingChange-Gain.pdf. diakses tanggal 16 januari 2020.

Hartono. (2014). Analisi data statistik dan penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hmelo, S., & Cindy, E. (2004). Problem-based learning: what and how do students learn?. Educational Psychology Review, 16 (3), 235-266.

Imam, G. 2011. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM, SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Isaac, S., & Michael, W.B. (1981). Handbook in research and evaluation. Manuf actured in the united states of America.

Mega, D. S, dkk. (2019). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis masalah dalam pembelajaran ppkn di SMA dalam Jurnal Bhineka Tunggal Ika. 6 (2), 224-231.

Mohamad, S. S. (2015). Strategi pembelajaran teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nuur, R. N. (2011). Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran. Edisi Khusus No. 1, ISSN 1412-565X. 158-166, 158-166.

Saiffudin, A. (2013). Penyususnan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salani, E., & Maphane, E.P. (2014). Botswana primary school teachers motivational strategies beliefs about mathematics classroom instructional practices. International Journal of Humanities Social Sciences and Education. 1 (11), 217-227.

Samsuri. (2006). Pembentukan warga negara demokrasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan. 1 (1), 33-47.

Schettino, C. (2016). Framework for problem-based learning: teaching mathematics with a relational problem-based pedagogy. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10 (2), 1-27.

Sugiyono. (2013). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syofian, Sireger. (2013). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tan, O.S. (2009). Problem based learning and creativity. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Walters, L.M. (2015). Perceptions of the effects of a constructivist classroom approach on academic service-learning: an exploratory study. The BRC Academy Journal of Business, 5 (1), 35-65.

Yunita, K. (2012). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dilengkapi media virtual terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika SMA/MA. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Setiyowati, R., Kurniawan, M. W., & Widodo, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Di SMAN 1 Pacet. Jurnal Civic Hukum, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.11151

Issue

Section

Articles