Dampak Potensial Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.11684Keywords:
Dampak Potensial, Bahan Ajar, Berbasis Lingkungan, PPKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui damak potensial bahan ajar berbasis lingkungan terhadap pemahaman materi pada pembelajaran PPKn. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah menurunnya kualitas lingkungan yang merakibat buruk bagi kualitas hidup manusia, seperti meluasnya polusi udara, air, dan tanah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 16 dan 33 Palembang serta SMPN 1 Indralaya Utara. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah studi dokumentasi, tes, dan angket. Adapun teknis analisa data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh bahan ajar yang dikembangkan memiliki dampak potensial cukup baik dengan N-gain 0.4. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan dapat membantu peserta didik dalam memahami materi dan pembangunan karakter peduli lingkungan.
Downloads
References
Al-Anwari, A. M. (2014). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI. 02, 26.
Ap, Nurfaizah. (2017). Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai Moral di Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 7(2), 102. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i2.3172
Banks and Banks. (1997). Multicultural Education. Issues and Perspective. Boston: Allyn and bacon
Dick & Carey. (2009). The System Design of Instruction. New Jersey: Pearson
Efendi, N., Baskara, R. S., & Fitria, Y. (2020). IMPLEMENTASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SDN 13 LOLONG BELANTI PADANG. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 155–165. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9747
Elsa, F., Khairil, K., & Yunus, Y. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Metode Inkuiri Terhadap Sikap Dan Perilaku Siswa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 2(1), 28. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.232
Faisal, E. E., & Sulkipani, S. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis muatan lokal pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 113–126.
Hidayat, N., & Sundari, E. (n.d.). INTEGRASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI. 13.
Juliana. (2016). ANALISIS PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN BERDASARKAN GENDER DAN TINGKAT PENDIDIKAN DI KOTA PEKANBARU. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 15(2), 232. https://doi.org/10.24014/marwah.v15i2.2650
Kurniawan, M. I. (2013). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER KE DALAM PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528
Palupi, T., & Sawitri, D. R. (n.d.). Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Pro-Lingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory Of Planned Behavior. 4.
Purwanti, D. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN IMPLEMENTASINYA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Puspitasari, R. (2016). PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM MUATAN ENVIRONMENTAL EDUCATION PADA PEMBELAJARAN IPS DI MI DARUL HIKAM KOTA CIREBON. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.547
Qomari, R. (1970). Teknik Penelusuran Analisis Data Kuantitatif dalam Penelitian Kependidikan. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(3), 527–539. https://doi.org/10.24090/insania.v14i3.372
Ridwan, M., & Siagian, S. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 3(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5014
Setyobudi, F., & Marsudi, S. (2018). PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMP NEGERI 3 KEBUMEN JAWA TENGAH. JIPSINDO, 5(1), 1. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i1.20180
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung;
CV. Alfabeta
Sulkipani, S. (2014). PRINSIP-PRINSIP DAN PRAKTIK PENDIDIKAN UNTUK MEMBANGUN WARGANEGARA YANG DEMOKRATIS. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 1(2), 100-107
Syam, N. (2011). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PENGAJARAN BERMAIN PERAN. Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(XV), 108–112. https://doi.org/10.21009/PIP.242.1
Universitas Negeri Sebelas Maret, & Winarno, W. (2018). MATERI PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS NILAI LOKAL: IDENTIFIKASI DAN IMPLEMENTASI. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 10–20. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp10-20
Winarno, W. (2018). MATERI PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS NILAI LOKAL: IDENTIFIKASI DAN IMPLEMENTASI. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 10–20. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp10-20
Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Surabaya: Usaha Nasional
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa pada Satuan Pendidikan Formal
Kemdiknas. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)