Dampak Potensial Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn

Authors

  • Sulkipani Sulkipani Universitas Sriwijaya
  • Emil El Faisal Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.11684

Keywords:

Dampak Potensial, Bahan Ajar, Berbasis Lingkungan, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui damak potensial bahan ajar berbasis lingkungan terhadap pemahaman materi pada pembelajaran PPKn. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah menurunnya kualitas lingkungan yang merakibat buruk bagi kualitas hidup manusia, seperti meluasnya polusi udara, air, dan tanah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 16 dan 33 Palembang serta SMPN 1 Indralaya Utara. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah studi dokumentasi, tes, dan angket. Adapun teknis analisa data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh bahan ajar yang dikembangkan memiliki dampak potensial cukup baik dengan N-gain 0.4. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan dapat membantu peserta didik dalam memahami materi dan pembangunan karakter peduli lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Anwari, A. M. (2014). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI. 02, 26.

Ap, Nurfaizah. (2017). Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai Moral di Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 7(2), 102. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i2.3172

Banks and Banks. (1997). Multicultural Education. Issues and Perspective. Boston: Allyn and bacon

Dick & Carey. (2009). The System Design of Instruction. New Jersey: Pearson

Efendi, N., Baskara, R. S., & Fitria, Y. (2020). IMPLEMENTASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SDN 13 LOLONG BELANTI PADANG. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 155–165. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9747

Elsa, F., Khairil, K., & Yunus, Y. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Metode Inkuiri Terhadap Sikap Dan Perilaku Siswa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 2(1), 28. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.232

Faisal, E. E., & Sulkipani, S. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis muatan lokal pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 113–126.

Hidayat, N., & Sundari, E. (n.d.). INTEGRASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI. 13.

Juliana. (2016). ANALISIS PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN BERDASARKAN GENDER DAN TINGKAT PENDIDIKAN DI KOTA PEKANBARU. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 15(2), 232. https://doi.org/10.24014/marwah.v15i2.2650

Kurniawan, M. I. (2013). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER KE DALAM PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528

Palupi, T., & Sawitri, D. R. (n.d.). Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Pro-Lingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory Of Planned Behavior. 4.

Purwanti, D. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN IMPLEMENTASINYA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Puspitasari, R. (2016). PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM MUATAN ENVIRONMENTAL EDUCATION PADA PEMBELAJARAN IPS DI MI DARUL HIKAM KOTA CIREBON. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.547

Qomari, R. (1970). Teknik Penelusuran Analisis Data Kuantitatif dalam Penelitian Kependidikan. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(3), 527–539. https://doi.org/10.24090/insania.v14i3.372

Ridwan, M., & Siagian, S. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 3(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5014

Setyobudi, F., & Marsudi, S. (2018). PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMP NEGERI 3 KEBUMEN JAWA TENGAH. JIPSINDO, 5(1), 1. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i1.20180

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung;

CV. Alfabeta

Sulkipani, S. (2014). PRINSIP-PRINSIP DAN PRAKTIK PENDIDIKAN UNTUK MEMBANGUN WARGANEGARA YANG DEMOKRATIS. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 1(2), 100-107

Syam, N. (2011). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PENGAJARAN BERMAIN PERAN. Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(XV), 108–112. https://doi.org/10.21009/PIP.242.1

Universitas Negeri Sebelas Maret, & Winarno, W. (2018). MATERI PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS NILAI LOKAL: IDENTIFIKASI DAN IMPLEMENTASI. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 10–20. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp10-20

Winarno, W. (2018). MATERI PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS NILAI LOKAL: IDENTIFIKASI DAN IMPLEMENTASI. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 10–20. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp10-20

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Surabaya: Usaha Nasional

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa pada Satuan Pendidikan Formal

Kemdiknas. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2020-11-17

How to Cite

Sulkipani, S., & Faisal, E. E. (2020). Dampak Potensial Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn. Jurnal Civic Hukum, 5(2), 136–144. https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.11684