Best Practice Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis Android di Perguruan Tinggi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.12330

Keywords:

Best Practice, Media Pembelajaran, Android, ADDIE Model, BENEKO Educapp

Abstract

Artikel ini menjelaskan Best Practice Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis Android di Perguruan Tinggi. Subyek penelitiannya adalah mahasiswa angkatan 2017/2018 Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Malang pada semester pertama yang menempuh matakuliah Media Pembelajaran PPKn. Salah satu permasalahan yang muncul adalah kurang tersedianya media belajar yang mampu menarik minat belajar siswa. Berangkat dari masalah tersebut, pengembangan media belajar berbasis aplikasi android dapat menjadi salah satu pilihan inovasi dan solusi terbaik dalam pengembangan media dan sumber pembelajaran ke depan. Penelitian dilakukan dengan penelitian pengembangan model ADDIE Model, yang terdiri dari lima langkah, yaitu: (1) Analisis, (2) Perancangan,(3) Pengembangan, (4) Implementasi dan (5) evaluasi. Penelitian menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam matakuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar di jurusan PPKn – FKIP UMM. Salah satu modelnya adalah media BENEKO Educapp. Komponen media pembelajaran yang dikembangkan meliputi fitur video pembelajaran PPKn, fitur buku digital, fitur quis untuk latihan dan evaluasi, fitur game untuk sarana refreshing siswa ketika jenuh dalam belajar, terakhir fitur chat room untuk sarana sharing antar guru dan siswa ketika susah memahami materi yang ada. Media di desain dengan menggunakan power point  kemudian di convert ke aplikasi android menggunakan aplikasi andraired, desain aplikasi android terbukti menarik sesuai karakter peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurul Zuriah, Universitas Muhammadiyah Malang

Departemen PPKn - FKIP UMM

References

Andrews, D. H., & Goodson, L. A. (1980). A comparative analysis of models of instructional design. Journal of Instructional Development. https://doi.org/10.1007/BF02904348

Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Keefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 4(2), 111. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p111--118

Budiyasa, I. M., Santyasa, I. W., & Warpala, I. W. S. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dan Assessment Alternatif Online Mata Pelajaran Ipa Tingkat Smp Kelas Delapan Dengan Model Dick And Carey I. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Butzin, S. M. 2005. J. classroom in an, & age of accountability: The project child recipe for success. Bloomington, I. P. D. K. I. (n.d.). No Title.

Degeng, I. N. S., & Darmawan, I. P. A. (2017). Peningkatan Profesionalisme Pendidik Melalui Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah. In Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan call for papers.

Degeng, M. D. K., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2017). Pengaruh Learning Control dalam Pembelajaran Menggunakan Media Web terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Prosedural. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP).

Egerton, M. (2002). Higher Education and Civic Engagement. The British Journal of Sociology, 53(4), 603–620. https://doi.org/10.1080/0007131022000021506

Farisi, M. I. (2011). Kompetensi Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Berkarakter dan berbasis Budaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1)(ISSN 0854-7149), 23–33. Retrieved from http://jm.tp.ac.id/view/1331224689/mohammad-imam-farisi/kompetensi-guru-dalam-mewujudkan-pendidikan-berkarakter-dan-berbudaya.

Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, H. M. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Palembangects after removal of large jaw cysts-the two cases report. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA VOLUME 4. NO.1 JUNI 2010. https://doi.org/10.2298/VSP1504368M

Khadimally, S. (2015). Designing effective curricula with an interactive collaborative curriculum design tool (CCDT). Turkish Online Journal of Educational Technology, 2015(3), 163–194.

Kowi, R., & Widyanigsih, T. W. (2018). Indonesian Learning Culture Based On Android. International Journal of New Media Technology. https://doi.org/10.31937/ijnmt.v4i1.532

Kurniawati, L., Akbar, R. O., & Misri, A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Eduma.

Lidinillah, D. A. M. (2011). Educational Design Research : a Theoretical Framework for Action. Educational Design Research.

Manullang, B. (2013). Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 1–14. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1283

Miarso, Y. (2007). Tekologi yang Berwajah Humanis. Jurnal Pendidikan Penabur.

Midun, H., & Ulfa, S. (2017). Inovasi Metode Dan Penilaian Pembelajaran Pada Pendidikan Karakter Di Era Digital. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017.

Mullins, K. (2014). Good IDEA: Instructional Design Model for Integrating Information Literacy. Journal of Academic Librarianship. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2014.04.012

Oey-Gardiner, M., Rahayu, S. I., Abdullah, M. A., Effendi, S., Darma, Y., Dartanto, T., & Aruan, C. D. D. P. A.-1. pdfaniel. D. (2017). ERA DISRUPSI: Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia. Retrieved from https://www.aipi.or.id/index.php?pg=detilpublikasi&pid=67&type=2#reserach-tool-tab

Purbasari, R. julia, Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013a). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang.

Purbasari, R. julia, Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013b). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1–11. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/3749/

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and development research. In Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Fourth Edition. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_12

Richey, R. C., Klein, J. D., & Nelson, W. a. (2004). Developmental research: Studies of instructional deisgn and development. Handbook of Research for Educational Communications and Technology. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_12

Ronald, A. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Tim Terjemah, Yusuf Miarso, Dkk, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saekhow, J. (2015). Steps of Cooperative Learning on Social Networking by Integrating Instructional Design based on Constructivist Approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.230

Sari, M. (2016). Blended learning, model pembelajaran abad ke-21 di perguruan tinggi. Ta’dib, 17(2), 126–136.

Schott, F., & Seel, N. M. (2015). Instructional Design. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92032-4

Setyosari, A. S. I. W. A. I. N. S. D. P. (2016). The Effects of Direct and Indirect Error CorrectionFeedback and Students? Attitudes on The Quality of Junior High School Students? Paragraph Writing. International Journal of Science and Research (IJSR).

Setyosari, P. (2009). Pemanfaatan Media. Malang: Universitas Negeri Malang.

Social Engineering Collaboration Of Education Character And Multicultural Education: Praxis Educational Foundation In Sultan Iskandar Young. (2016). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 186–193. Retrieved from http://psycnet.apa.org/psycinfo/1996-97171-000

Supriyo, S., Degeng, I. N. S., Widiati, U., & Ardhana, I. W. (2017). The Effect of Practice Generalization Reinforcement (PGR) Instruction Strategy Vs Direct Instruction and Prior Knowledge on Learning Outcome of English Grammar in Junior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME). https://doi.org/10.9790/7388-070202100106

Syracuse Univ., N. Y. S. of E. (1992). Instructional Developments. A Journal of the School of Education at Syracuse University, 1990-1992. Instructional Developments.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015a). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Analyze Implement Evaluate Design Develop. Seminar Nasional Riset Inovatif.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015b). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model Addie. Seminar Nasional Riset Inovatif IV.

Zuriah, N., & Kautsar, N. M. (n.d.-a). Development of PPKn Learning Media Based on Android.

Zuriah, N., & Kautsar, N. M. (n.d.-b). Development of PPKn Learning Media Based on Android. In 6th International Conference on Community Development (ICCD 2019). Atlantis Press.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Zuriah, N., & Kautsar, N. M. (2020). Best Practice Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis Android di Perguruan Tinggi. Jurnal Civic Hukum, 5(1), 62–74. https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.12330

Issue

Section

Articles