Nilai Strategis Good Citizen Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembangunan Pemuda Di Kalimantan Barat

Authors

  • Hardi Alunaza SD Universitas Tanjungpura, Kalimantan Barat
  • Mentari Mentari FISIP Universitas Tanjungpura, Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.12805

Keywords:

Good Intelligence, Good Responsibility, Good Manner, Good Citizen

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai strategis good citizen dalam peningkatan kualitas pembangunan pemuda di Kalimantan Barat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber datanya adalah studi kepustakaan dan dianalisis menggunakan model analisis Miles Huberman. Temuan penelitian  menunjukkan bahwa nilai strategis good citizen yang bisa dijadikan acuan dalam upaya peningkatan pembangunan pemuda di Kalimantan Barat adalah (1) good intelligence yang tercermin dari open minded, integritas diri, dan berhati seorang hamba; (2) good responsibility sebagai esensi dasar peningkatan kualitas pembangunan pemuda dan (3) good manner sebagai penopang perbaikan kualitas hidup pemuda. Berdasarkan temuan tersebut disarankan: (1) peningkatan kualitas pembangunan di Kalimantan Barat harus memperhatikan aspek pendidikan yang berdampak positif terhadap kualitas diri pemuda; (2) Selain aspek pendidikan, pemuda juga harus dibekali dasar-dasar kepemimpinan untuk membentuk individu yang bertanggung jawab; (3) Serta memperhatikan aspek yang sangat krusial dari good citizen yakni memiliki etika yang baik sebagai tujuan utama yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityo, Darmawan & Alunaza, Hardi. (2019). Kebijakan Nawa Cita Sebagai Dasar Pembangunan di Kawasan Perbatasan Kalimantan Barat. Laporan Hasil Penelitian Disampaikan Pada Pertemuan Nasional Asosiasi Sarjana Hubungan Internasional Indonesia. Tanjung Pinang: Universitas Maritim Ali Haji.

Arianto, Bismar. (2016). Optimalisasi Dana Desa: Upaya Alternatif Menyongsong Bonus Demografi Indonesia 2020-2030. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Lampung. Hal: 86.

Anonim. (2018). Anak Muda Berperan Penting Sukseskan Pembangunan Berkelanjutan. Depok: Kantor Staf Presiden.

Atosokhi Gea, Antonius. (2014). Integritas Personal dan Kepemimpinan Etis. Jurnal Humaniora Vol 5 (2). Hal: 953.

Ayu Widiyawati, Aryni. (2015). Pendidikan Karakter di Tengah Globalisasi: Epistemologi, Terminologi, dan Aksiologi Menghadapi MEA 2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Hal: 23

Baguna, Paskalis. (2019). Pancasila and Trias Politica. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Hamdani, Mailani. (2013). Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Generasi Muda Melalui Kewirausahaan (sebuah Kajian Teoritis). Jakarta: Universitas Terbuka.

Jamaluddin & Indriasari, Rahayu. (2011). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Terhadap Etika Mahasiswa Akuntasi Fakultas Ekonomi Universitas Taduloko. Jurnal Pamator Vol 4 (1) Hal: 47.

Kamtono, Livia. (2019). Good Manners in Society and Political Area. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Kurniawan, Wahyu & Setiyowati, Rini. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi Melalui Habitus Keteladanan di SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Jurnal Civic Hukum Vol 3 (1) Hal: 65.

Permatasari, M., Handayani, T., Budiono. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi dalam Membentuk Good Citizen pada Era Millenial. Jurnal Civic Hukum Vol 4 (1) Hal: 20

Rohani. (2013). Pembinaan Tanggung Jawab Warga Negara dalam Memecahkan Masalah-Masalah Sosial Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Kemasyarakatan (Community Civics). Jurnal Edukasi Vol 11 (2) Hal: 225.

Rustiono. (2017). Zona Nyaman Baru Bernama Zona Integritas. Diakses melalui laman http://unnes.ac.id/gagasan/zona-nyaman-baru-bernama-zona-integritas pada tanggal 2 November 2019 pukul 20.05 WIB.

Said, Ali & Budianti, Indah. (2016). Potret Awal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Sardjoko, Subandi. (2017). Indeks Pembangunan Pemuda Indonesia. Jakarta: Bappenas.

Subandowo, M. (2017). Peradaban dan Produktivitas dalam Perspektif Bonus Demografi serta Generasi Y dan Z. Jurnal Sosio Humanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan Vol 10 (2) Hal: 192.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta: 246.

Surya, Syam Syamsi. (2015). Nawa Cita Jokowi-JK dalam Paradigma Pembangunan Ekonomi. Surya Octagon Interdisciplinary Journal of Science & Technology Vol 1 (1) Hal: 2.

Syamsul, Y., Widodo, R., Tinus, A. (2017). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) dalam Pembentukan Moral Peserta Didik. Jurnal Civic Hukum Vol 2 (1) Hal: 40.

Syuhardiyansyah, YM., Budiono, Widodo, R. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civic Hukum Vol 1 (1) Hal: 2.

Tim Spora. (2015). Kapita Selekta dan Beban Biaya Sosial Korupsi. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Kedeputian Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Teguh, Sulistiyani Ambar. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media: 2

Tribun Pontianak. (2018). Sumber Daya Manusia Tak Memadai, Kalbar Tak Bisa Maksimalkan Manfaat Investasi. Diakses melalui laman https://pontianak.tribunnews.com/2018/09/25/sumber-daya-manusia-tak-memadai-kalbar-tak-bisa-maksimalkan-manfaat-investasi pada tanggal 19 September 2020 pukul 06.10 WIB

Tribun Pontianak (2019). Midji: Saya Serius Bangun SDM Kalbar. Diakses melalui laman https://pontianak.tribunnews.com/2019/02/21/midji-saya-serius-bangun-sdm-kalbar pada tanggal 19 September 2020 pukul 06.10 WIB

Yosita, Lucy. (2016). Kepemimpinan Pemuda Indonesia, Apakah Akar Masalahnya? Jakarta: Kemenpora.

Downloads

Published

2020-11-17

How to Cite

SD, H. A., & Mentari, M. (2020). Nilai Strategis Good Citizen Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembangunan Pemuda Di Kalimantan Barat. Jurnal Civic Hukum, 5(2), 166–175. https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.12805