Peran Organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Dalam Mentransformasikan Nilai-Nilai Pancasila Di Universitas Muhammadiyah Malang
DOI:
https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.13237Keywords:
Organisasi Mahasiswa, Transformasi Nilai-Nilai PancasilaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran Organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang dalam mentransformasikan nilai-nilai Pancasila kepada para kadernya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan temuan penelitian peran organisasi Dewan Pimpinan Komisariat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang dalam mentrasformasikan nilai-nilai Pancasila dilakukan dengan bentuk Program Kerja disetiap periode kepengurusan organisasi yang dapat dilihat melalui lima indikator dalam teori peran, yakni aksi, patokan, penilaian, paparan, dan sanksi.
Downloads
References
Agus, A, A. (2016). RELEVANSI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA DI ERA REFORMASI. Jurnal Office, 2(2), 229–238. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2958
Akbar, I. (2016). DEMOKRASI DAN GERAKAN SOSIAL (BAGAIMANA GERAKAN MAHASISWA TERHADAP DINAMIKA PERUBAHAN SOSIAL). Jurnal Wacana Politik. https://doi.org/10.24198/jwp.v1i2.11052
Alfian. (1986a). Masalah dan Prospek Pembangunan Politik Indonesia Kumpulan Karangan. Gramedia Pustaka Utama.
Alfian. (1986b). Pemikiran Dan Perubahan Politik Indonesia Kumpulan Karangan. Gramedia Pustaka Utama.
Alfian. (1991). Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Kehidupan Politik. In Pancasila sebagai Ideologi Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara. BP-7 Pusat.
Ali, A. S. (2009). Negara Pancasila : jalan kemaslahatan berbangsa. Pustaka LP3ES.
CNN Indonesia. (2019). Cyrus: Hanya 70 persen Responden Muslim Setuju Pancasila. Www.Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190809164210-20-419916/cyrus-hanya-70-persen-responden-muslim-setuju-pancasila
Good, C. V. (1959). Dictionary of Education. M. Graw Hiil Book Conpanny.
Hidayat, F. (2018). Survei LSI: Pro-Pancasila Turun 10%, Pro-NKRI Bersyariah Naik 9%. Www.Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-4119173/survei-lsi-pro-pancasila-turun-10-pro-nkri-bersyariah-naik-9
Kartono, K. (2009). Pendidikan Politik Sebagai Bagian Dari Pendidikan Orang Dewasa. Mandar Maju.
Kongres Trisaksi GMNI Ke-XX. (2017). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Periode 2017-2019. Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia.
Manan, B., & Harijanti, S. D. (2014). Artikel Kehormatan: Saat Rakyat Bicara: Demokrasi dan Kesejahteraan. Pandjadjaran Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.22304/pjih.v1n1.a1
Notonagoro. (1975). Pancasila Secara Ilmiah Populer. Pantjuran Tudjuh.
Pratama, Y., Suntoro, I., & Yunisca, N. (2018). PERANAN ORGANISASI GERAKAN MAHASISWA NASIONAL INDONESIA (GMNI) DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(13), 1–14.
Saputro, Y. D. (2015). Peran Partai Politik Dalam Pendidikan Politik Generasi Muda Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Politik Wilayah (Studi Di DPD II Partai Golongan Karya Kota Malang Jawa Timur Tahun 2009 - 2014). Jurnal Ketahanan Nasional, XXI(1), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jkn.6892
Siregar, E. (2012). Toleransi di Bumi Pancasila. In Editorial Majelis Edisi No. 06/ Th. VI/ Juni 2012. MPR-RI.
Suhardono, E. (1994). Teori Peran Konsep, Derivasi dan Implikasinya. Gramedia Pustaka Utama.
Sunatra. (2016). Pendidikan Politik Kewarganegaraan. LEKKAS.
Taniredja, T. (2014). Prosiding Kongres Pancasila VI: Penguatan, sinkronisasi, harmonisassi, integrasi pelembagaan dan pembudayaan Pancasila dalam rangka memperkokoh kedaulatan bangsa. In Pusat Studi Pancasila UGM (Ed.), KONSENSUS KEBANGSAAN (PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945) (pp. 438–453). Pusat Studi Pancasila UGM.
Wibowo, A. P. (2020). THE EFFORTS OF DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN PARTY REGIONAL BOARD STRUGGLE IN TRANSFORMATION PANCASILA VALUES ON CADRE. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, 5(1), 33–41. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/12673/6096
Wibowo, A. P., Sumantri, E., & Syaifullah. (2016). Transformasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Organisasi Mahasiswa Guna Meningkat Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara (Studi Deskriptif Terhadap Organisasi Mahasiswa Jurusan Di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia). Proceeding Internasional Seminar Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Bidang Keilmuan Dan Program Pendidikan Dalam Konteks Penguatan Daya Saing Lulusan, 400–411.
Wibowo, A. P., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: usaha konkret memperkuat multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 196–205. https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.16043
Winataputra, U. S. (2012). Pendidikan kewarganegaraan dalam perspektif pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa: gagasan, instrumentasi, dan praksis. Widya Aksara Press.
Witianti, S. (2016). Demokrasi Dan Pembangunan. Jurnal Wacana Politik, 1(1), 71–76. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jwp.v1i1.10547
Zamroni. (1990). Peran organisasi Mahasiswa Dalam Pembangunan. Jurnal Bestari, 5(1), 66–71. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/bestari/article/view/3045/3699
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)